Selama kuliah, departemen ini sering terlibat dalam menyusun laporan keuangan yang tidak Anda ketahui seperti apa perusahaannya.

Tapi, apa yang kamu tahu? Akuntansi adalah salah satu masalah yang paling penting dalam hal pencarian kerja.

Lulusan matematika biasanya duduk di departemen keuangan atau departemen keuangan.

Tidak hanya itu, dengan bantuan siswa matematika Anda dapat menjadi mahir dalam disiplin lain.

Apa saja peluang kerja bagi lulusan akuntansi? Konsultan Pajak

Akuntan Publik.

Sebelum Anda dapat memberikan jasa akuntan publik, Anda harus menjadi anggota Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Sertifikat CPA (Akuntan Publik) dari Menteri Keuangan.

Sebagai akuntan publik. Anda bertanggung jawab untuk mengaudit atau melakukan audit sektor publik lainnya, seperti mengaudit, membantu perpajakan, sistem akuntansi, dan konsultan pengelola.

Sebagai akuntan publik, Anda tidak terikat oleh suatu organisasi dan menerima pembayaran dari pelanggan atau perusahaan yang menggunakan jasa akuntansi.

Auditor internal

Tidak seperti akuntan publik, auditor internal bekerja langsung di dalam perusahaan untuk memverifikasi kinerja manajemennya.

Jika Anda ingin menjadi auditor internal, Anda harus jujur dan dapat dipercaya untuk memastikan tidak ada yang salah dengan laporan keuangan perusahaan.

Auditor internal sering memberikan saran tambahan untuk meningkatkan pengelolaan perusahaan dalam kaitannya dengan sistem pengendalian internal, berbagai peraturan, dan konsep tata kelola perusahaan yang baik.

Konsultan Pajak

Jika Anda tertarik dengan dunia perpajakan, Anda bisa mencoba menjadi konsultan pajak.

Sebagai konsultan pajak, Anda dapat membantu perusahaan memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak sesuai dengan ketentuan Kode Pajak.

Namun, untuk menjadi konsultan pajak, Anda harus mendapatkan izin praktik sebagai konsultan pajak dan telah memperoleh gelar BAP dari USKP (Asosiasi Penasehat Pajak Indonesia) yang diselenggarakan oleh IKPI.

Jasa konsultasi pajak untuk perusahaan meliputi perencanaan pajak, layanan pengembalian pajak (jasa pelaporan pajak), penilaian pajak (layanan kepatuhan pajak), layanan dukungan pemeriksaan pajak (bantuan pemeriksaan pajak), dan layanan pelatihan pajak. (Layanan Pelatihan Pajak), serta Layanan Pengembalian Pajak (Layanan Pengembalian Pajak).

Analis Keuangan

Tempat ini dapat dicari oleh individu atau perusahaan.

Jika Anda dapat menafsirkan informasi transaksi keuangan sebagai referensi untuk membuat keputusan bisnis untuk strategi bisnis, maka Anda cocok untuk seorang analis keuangan.

Untuk menjadi seorang analis keuangan, Anda harus memiliki gelar CFA atau Analis Keuangan bersertifikat dari Institut CFA setelah berhasil melewati 3 ujian.

Anda hanya bisa mendapatkan sertifikat ini jika Anda memiliki setidaknya 4 tahun pengalaman dalam Analisis Keuangan dan Investasi.

Akuntan Pemerintah

Siapa yang menolak bekerja di instansi pemerintah? Untuk menjadi akuntan pemerintah, Anda harus memiliki kualifikasi sendiri di bidang akuntansi. Akuntan Pemerintah (AAP) adalah salah satu Kantor Akuntan Pemerintah terkemuka di Indonesia. AIP sendiri diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAA) dan biasanya dikelola oleh pegawai pemerintah yang membawahi lembaga keuangan.

Tugas utama akuntan publik adalah menyusun laporan keuangan pemerintah atau lembaga audit di berbagai tingkat pemerintahan.

Pandangan akuntan publik berbeda dengan akuntan publik.

Sikap akuntan pemerintah itu sendiri merupakan seperangkat aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dosen Akuntansi

Bagi Anda yang memiliki gaya mengajar, menjadi guru matematika mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai seorang guru, Anda dapat berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam matematika.

Tidak hanya itu, ia memiliki banyak materi sebagai guru matematika.

Anda juga bisa menjadi konsultan atau pemasok yang bekerja di lembaga penelitian atau penelitian.

Dalam hal ini, mereka mempelajari masalah akuntansi atau isu-isu yang ada di masyarakat.

Perencana Keuangan

Mahasiswa akuntansi dikenal sebagai orang yang pandai mengelola uang.

Sebagai lulusan, Anda dapat mengambil pekerjaan sebagai perencana keuangan.

Untuk menjadi perencana keuangan, Anda harus memiliki CFP atau perencana keuangan bersertifikat.

Dengan menempatkan sertifikat di saku Anda, calon pengguna akan lebih tertarik dan percaya diri dengan layanan yang ingin Anda berikan.

Sesuai dengan namanya, perencana keuangan bertanggung jawab untuk menasihati mereka yang kesulitan mengelola keuangan pribadi dan bisnisnya.

Pengusaha sukses

Bagi Anda yang tidak ingin bekerja dengan orang banyak, Anda mungkin lebih cocok menjadi pengusaha.

Lulusan matematika memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang.

Saat masih kuliah, manajer akuntansi sering menawarkan kursus pengembangan bisnis. Seperti pengenalan bisnis, manajemen bisnis dan komunikasi, strategi manajemen bisnis, dll.

Kursus-kursus ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi mereka yang ingin memulai bisnis baru.

Tapi, jangan pernah melupakan ilmu akuntansi, karena bisnis tidak akan berjalan dengan baik tanpa akuntansi. Bahkan buku catatan sederhana dapat membantu Anda mendaftarkan bisnis Anda dengan lebih baik.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menyiapkan laporan keuangan karena sudah ada aplikasi akuntansi untuk mempermudahnya.

Dengan akuntansi yang jelas, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan baik. Karena strategi bisnis yang tepat adalah strategi berdasarkan laporan keuangan perusahaan. https://proconsult.id/