Bisnis UKM merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal yang besar. UKM atau usaha kecil menengah sangat berdampak pada perkembangan ekonomi di Indonesia, UKM menjadi bisnis alternative yang bisa menjadi sebuah ruang bagi para calon pencari kerja. Perkembangan industri ekonomi di Indonesia semakin tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan, hal itu tidak terlepas dari peran penting perkembangan bisnis UKM yang semakin banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia..

Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju membuat sebuah kemudahan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis UKM dalam menjalankan bisnisnya agar berjalan dengan lancar. Salah satu peran penting teknologi dalam dunia UKM adalah sebuah munculnya buku warung. Apa itu buku warung? Buku warung merupakan sebuah aplikasi digital yang memudahkan para pengusaha ukm mencatat pembukuan secara digital, pengusaha UKM dapat menggunakan aplikasi buku warung sebagai catatan utang dan piutang secara digital. Apliaksi buku warung diciptakan agar mempermudah dalam penagihan hutang dan akan membantu para pengusaha UKM agar bisnis yang dikelola menjadi lebih efesien.

Buku warung diciptakan agar pengusaha UKM di Indonesia lebih memanfaatkan teknologi agar mempermudah dalam pengolahan bisnis UKM yang dijalankan. Buku warung mempunyai berbagai manfaat diantaranya

  • Memudahkan dalam pencatatan dan pembukuan
  • Membuat waktu penagihan lebih efesien

1. Memudahkan dalam pencatatan dan pembukuan

bagi pengusaha UKM pada zaman dulu dalam melakukan pembukuan secara tradisional,  namun seiring dengan berkembangan teknologi diindonesia yang semakin maju membuat munculnya aplikasi yang bisa dipakai dalam pengolahan pembukuan atau bahkan pencatatan tentang segala pemasukan atau pengeluaran dalam bisnis yang dikelola. buku warung mempunyai sebuah fitur yang bisa dipakai dalam melakukan sebuah pencatatan saat melakukan transaksi pada pembeli, anda bisa menggunakan fitur pencatatan untuk melakukan pembukuan tentang sagala pemasukan dan pengeluaran bisnis yang anda kelola, selain itu dapat dipakai sebagai tempat pemyimpanan data-data keuangan dalam bisnis yang anda jalankan, aplikasi ini mempunyai tujuan agar bisnis UKM di Indonesia mengalami perkembangan yang kedepanya dan bisa membuat UKM di Indonesia semakin berkembang dan dapat menjadikan banyak ruang bagi para calon pencari kerja agar dapat menekan angka pengguran yang ada di Indonesia.

2. Membuat waktu penagihan lebih efesien

Dengan memanfaatkan teknologi didalamnya  maka membuat penagihan yang dilakukan menjadi lebih efesien dan dapat mempersingkat waktu, bukuwarung menyediakan fitur notifikasi waktu pembayaran hutan yang bisa dikirim pada pelanggan. Fitur notifikasi waktu pembayaran hutang akan terkirim melalui sms atau whatsapp dan akan masuk sebagai notifikasi tagihan pada pelanggan. Perusahaan pencipta buku warung dalam waktu kedepan berusaha untuk menambah fitu-fitur yang nantinya bisa lebih mempermudah pelaku UKM agar menjadi berkembang. Selain itu dalam keadaan pandemi yang sedang terjadi dapat membuat anda terhindar dari kontak langsung dengan para pelanggan yang ingin membayar hutang.

Kesimpulanya dengan menggunakan buku warung dapat memudahkan para pelaku UKM agar lebih efesien dalam melakukan pengolahan bisnis yang dijalankanya. Aplikasi buku warung dapat membantu pengusaha UKM dalam melakukan pencatatan dan pembukuan secara rapi dan baik. Aplikasi buku warung sudah tersedia pada pengguna IOS dan dapat dengan mudah untuk di download, dan anda bisa mengecek lebih jelas tentang  produk- produk pada bukuwarung salah satunya adalah Tokoko. Tokoko merupakan sebuah produk dari bukuwarung yang mempunyai tujuan untuk membantu dalam menciptakan sebuah toko online yang dapat dipakai untuk bisnis UKM, untuk lebih jelasnya anda bisa mengecek Tokoko  pada website https://tokoko.id/. Sebuah aplikasi yang mirip dengan Tokotalk.