April 20, 2021

Natudelia

Berita Hangat

Periode Menstruasi Tidak Teratur, Normalkah?

3 min read

Menstruasi yang tidak lancar selalu saja menjadi bahan pembicaraan di kalangan banyak wanita. Pada dasarnya periode menstruasi yang normal terjadi setiap 28-26 hari sebanyak 11-13 kali dalam setahun. Lalu bagaimana bagi perempuan yang telat beberapa bulan atau bahkan tidak terjadi sama sekali?

Menstruasi adalah keadaan dimana proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan pendarahan di bagian vagina. Meskipun setiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda tapi normalnya menstruasi terjadi sekali dalam sebulan.

Periode Menstruasi Tidak Teratur, Normalkah?

Persoalan menstruasi bukan hanya soal haid yang terlambat, tapi juga kebanyakan wanita mengalami siklus haid pendek atau bahkan siklus haid panjang. Dalam artian mereka mengalami datang bulan lebih atau kurang dari waktu normalnya yakni 2 sampai 7 hari.

Untuk wanita yang telah menikah, telat datang bulan bukan suatu hal yang mengejutkan karena siklus menstruasi dan kehamilan adalah hal yang saling berkaitan. Tapi bagaimana bagi wanita yang belum menikah? Yah sehari atau dua hari lambat datang bulan mungkin masih wajar saja.

Namun apabila siklus menstruasi Anda lewat lebih dari seminggu atau bahkan beberapa bulan, sebaiknya Anda perlu waspada karena mungkin hal tersebut merupakan tanda dari beberapa kondisi medis.

Penyebab Periode Menstruasi Tidak Teratur

Mari kita lihat apa saja yang menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur berikut ini.

1. Stress

Faktor tidak teraturnya periode menstruasi yang paling umum adalah stres. Tidak hanya psikis saja yang  terganggu tapi stress yang berkepanjangan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk siklus haid yang tidak teratur.

Di dalam otak kita terdapat area yang bernama hipotalamus yang berguna untuk mengatur hormon dalam tubuh seperti hormon reproduksi wanita yaitu estrogen dan progesteron. Saat Anda mengalami stres maka proses produksi kedua hormon tersebut akan terganggu sehingga dapat mengganggu siklus haid.

2. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid berperan untuk mengatur proses metabolisme dalam tubuh. Apabila kelenjar ini terganggu dan tidak bekerja dengan normal maka bisa mengganggu siklus menstruasi. Gangguan tiroid ini biasanya ditandai dengan kerontokan rambut, mudah lelah, berat badan naik-turun drastis bahkan haid yang lebih banyak dari biasanya.

3. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Kita semua tahu bahwa pola hidup yang tidak sehat tentunya tidak baik bagi kesehatan. Misalnya obesitas atau bahkan berat badan yang turun secara drastis bisa saja menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar. Tidak hanya itu, kurang tidur juga bisa mengganggu siklus menstruasi Anda.

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Adanya kista di dalam indung telur menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.

Normalnya wanita hanya memiliki sedikit testosteron, tapi karena keadaan ini jumlahnya meningkat melebihi batas normal. Wanita yang memiliki PCOS mungkin mengalami gangguan lain seperti tumbuhnya kumis atau rambut di bagian tubuh tertentu.

5. Amenorrhea

Amenorrhea juga merupakan salah satu gangguan reproduksi wanita yang menyebabkan haid tidak lancar. Gangguan ini ditandai dengan periode menstruasi yang tidak terjadi. Amenorrhea ini terdapat dua jenis yaitu primer dan sekunder.

Amenorrhea primer adalah kondisi tidak terjadinya haid pada wanita berusia 16 tahun. Sedangkan Amenorrhea sekunder menyebabkan menstruasi tidak terjadi selama tiga siklus.

Apabila Anda merasa bahwa periode menstruasi Anda tidak terjadi melebihi batas waktu normal, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Ingat jangan memvonis diri Anda sendiri terhadap suatu penyakit tanpa pemeriksaan dari dokter

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.