Apakah Anda berminat bekerja di PT Pegadaian? Jika iya, persiapkan diri Anda untuk mengkuti proses rekrutmennya. Sama seperti perusahaan BUMN lain, proses rekrutmen di PT Pegadaian terdiri dari beberapa tahapan untuk menyaring calon pegawai secara ketat.

Jika Anda berminat mengikuti proses rekrutmen itu, persiapkan diri dengan sebaik mungkin dengan mengikuti tips-tips ini. Berikut tips mempersiapkan diri dalam mengikuti tes di PT Pegadaian.

1. Siapkan dokumen

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dokumen persyaratan baik soft copy maupun hard copy. Pastikan dokumen yang akan diunggah sudah sesuai dengan syarat lowongan Pegadaian yang ingin dilamar. Sebelum mengirim dokumen, harap baca informasi persyaratan dengan seksama. Pastikan Anda telah memenuhi semuanya. Hal itu penting agar Anda terhindar dari kesalahan.

2. Menikmati proses rekrutmen yang panjang

Persiapkan diri untuk mengikuti proses rekrutmen yang panjang. Proses tersebut bisa mencapai 3 hingga 6 bulan. Untuk itu, bekali diri dengan kesabaran serta pemikiran positif agar Anda dapat menikmati prosesnya. Persiapkan mental untuk menerima segala kemungkinan yang ada. Persiapkan juga fisik Anda agar selalu sehat saat melakukan proses rekrutmen.

3. Bersiap untuk sesi wawancara

Pelajari profil perusahaan secara mendetail. Hal tersebut adalah bekal penting untuk menghadapi tahap wawancara. Pahami industrinya, job description posisi yang Anda lamar, dan hal lainnya tentang PT Pegadaian.

4. Mempersiapkan fisik untuk tes kesehatan

Tahap yang sering diabaikan adalah tes kesehatan. Meskipun tahap ini terkesan mudah, yaitu hanya perlu melakukan medical check up, tetapi hasilnya sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya Anda. Jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan prima. Di antaranya adalah dengan tidur cukup, makan teratur, menjaga asupan nutrisi, dan berolahraga secara rutin.

5. Meningkatkan keahlian

Tingkatkan skill atau keahlian sebelum proses rekrutmen dimulai. Salah satu keahlian yang dapat ditingkatkan adalah kemampuan bahasa asing atau bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris dianggap wajib di seluruh perusahaan BUMN, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Tingkatkan juga kemampuan problem solving dan berpikir kritis. Kemampuan tersebut termasuk yang paling dinilai oleh tim HRD untuk menyeleksi. Keahlian lain yang bisa ditingkatkan adalah adaptasi dan agility, yaitu kemampuan untuk cepat beradaptasi dan aktif dalam mengerjakan pekerjaan.

Jika Anda berminat mengikuti rekrutmen BUMN di PT Pegadaian, carilah informasi dari sumber yang jelas. Cek informasi lowongan di Pegadaian melalui website resminya. Berhati-hatilah dalam menanggapi informasi karena banyak beredar informasi palsu dan penipuan. Jangan mudah tergiur dengan persyaratan yang terlalu mudah.

Proses seleksi yang sebenarnya tidak dikenakan biaya sedikit pun. Anda patut curiga jika diminta untuk membayar sejumlah uang. Jika Anda dimintai sejumlah uang, dapat dipastikan itu adalah penipuan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin bekerja di BUMN, khususnya PT Pegadaian. Selamat mencoba!