Asrama Panti Asuhan  Samiyah  Amal Insani terletak di Jalan Babakan Jati I No 55, RT 002 , RW 008 , Kelurahan Binong , Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Jawa Barat.

Tentang Panti Asuhan Samiyah Amal Insani Bandung

Samiyah Amal Insani merupakan salah satu panti asuhan di Bandung. Berawal dari  kepindahan keluarga pendiri ke Jalan Binong Jati No 184, Yayasan Panti Asuhan Samiyah Amal Insani melihat banyaknya anak-anak yang hidup dalam kondisi kurang layak. Dengan dorongan hati nurani, pihak panti mulai memberikan bantuan kemanusiaan, mulai dari pengobatan, pemenuhan kebutuhan untuk bayi, hingga keperluan pemakaman. Tidak lupa, setiap minggunya anggota Yayasan ini menjalankan program Jum’at Berkah dengan membagikan nasi bungkus kepada kawan-kawan yang kurang mampu.

 

Berjalan satu tahun kemudian, Panti Asuhan Samiyah Amal Insani memutuskan untuk membuka yayasan amal yang diberi nama dengan nama Yayasan Samiyah Amal Insani dan membuka tempat baru yang lebih luas dari tempat sebelumnya di Jalan Babakan Jati I, nomor 55, Kota Bandung.

 

Dalam Hadits Riwayat ‘Abdurrazaq yang berbunyi, “Apakah Engkau suka hatimu menjadi lembut dan kamu mendapatkan hajatmu (keperluanmu)? Rahmatilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah makan kepadanya dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lembut dan niscaya kamu akan mendapatkan hajatmu.”

Yayasan Samiyah Amal Insani Bandung bergerak sejak Tahun 2019 dengan menjadi rumah singgah dan penampungan anak-anak yatim, dhuafa, dan jalanan melalui pemenuhan kebutuhan dasar mereka seperti makanan, pakaian, dan pendidikannya. Untuk rincian jenjang pendidikan mereka adalah 10 orang PAUD, 30 orang SD, 10 orang SMP, dan 1 orang SMA. Seluruh anak sekolah di luar (Sekolah Negeri).

 

 Seluruh anak tinggal di dalam gedung panti. Untuk jumlah kamar tidur terdapat 2 ruang besar. Anak-anak biasanya tidur bersama di 2 ruangan tersebut dengan menggunakan kasur lipat. Terdapat 3 ruang kamar mandi. Dalam segi peralatan dan fasilitas kamar mandi, pengurus merasa berlalu bagus. Selain itu, di panti juga terdapat fasilitas elektronik TV lawas dan 1 laptop. Untuk makan sehari-hari di sini sistemnya 3 kali  sehari, yang masak adalah juru masak, anak-anak tidak ada piket masak. Dalam segi usaha meningkatkan ekonomi panti, panti memiki usaha konveksi dan hasilnya lumayan.

 

Deskripsi Kebutuhan

Pembangunan kamar asrama, freezer , laptop/computer, HP (untuk PJJ), seragam, sepatu sekolah, kasur lipat , bantal , guling , selimut , sprai, handuk, sembako , sayuran , buah , daging, susu bayi SGM 6-12, makanan bayi, baju bayi, dan baju anak/remaja.

 

Deskripsi Program

Penyelenggaraan pendidikan gratis termasuk dengan penyedia buku dan alat tulisnya, seperti pendidikan membaca Al Qur’an , ilmu agama dasar , bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

 

Visi dan Misi

Visi :

Menjadi yayasan amal yang dapat memberikan harapan baru bagi bagi anak Tunas Bangsa yang kehilangan mimpi dan tujuan dikarenakan keadaan.

Misi :

1.     Memberikan naungan baru berupa tempat tinggal tetap, ataupun rumah singgah bagi anak-anak terlantar.

2.     Membantu kebutuhan hidup yang layak bagi anak-anak yatim, dhuafa, terlantar, dan yang membutuhkan.

3.     Memberikan bantuan kesehatan jiwa dan raga bagi anak-anak binaan.

4.     Memberikan bantuan pendidikan serta fasilias pendidikan yang diperluakan bagi anak-anak terlantar dan membutuhkan.

5.     Mengembangkan bakat serta keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan bagi anak-anak terlantar dan membutuhkan.

Tujuan :

Memfasilitasi anak-anak yatim piatu, dhuafa, dan anak-anak terlantar dalam mencari, memilih, dan menentukan arah hidup yang tepat bagi bekal masa depan kehidupannya serta bisa menjadi tunas-tunas bangsa Indonesia yang kuat dari segi fisik, mental, dan pendidikan.

Legalitas

·         Akta Pendirian No. 134 tanggal 28 September 2019.

·         Notaris : Wahyu Rizki Bastria, S.H,M.Kn

·         S.K Menkumham No A.h.u-0014169.AH.01.04 Tahun 2019

Perizinan Panti Asuhan

·         Surat Keterangan Domisili No : 005/SKD/VIII/2020

·         Terdaftar Dinsos No : TU.01.02/2584-Dinsosnangkis/VII/2022

·         Akreditasi Kementerian Sosial R.I No. 1175.SA-LKS.C/2021

Program Donasi dan Amal Yayasan Samiyah Amal Insani

Panti Asuhan Samiyah Amal Insani dan Rumah Singga adalah panti asuhan bayi, anak-anak, dan remaja dari kalangan yatim, yatim piatu, dhuafa, dan terlantar.

Dengan dorongan hati nurani, panti asuhan mulai memberikan bantuan kemanusiaan, mulai dari pengobatan, pemenuhan kebutuhan untuk bayi, hingga keperluan untuk pemakaman. Tidak lupa, setiap minggunya yayasan panti juga menjalankan Program Jum’at Berkah dengan membagikan nasi bungkus kepada kawan-kawan yang kurang mampu.

Program donasi berupa sebagai berikut :

1.    Open Donasi Pembebasan Tanah dan Pembangunan Panti Asuhan

Kami mengajak Anda untuk ikut serta membantu Yayasan untuk membeli tempat yang layak untuk anak-anak  yang ditampung di panti asuhan

2.    Jum’at Berbagi Berkah

Program pemberian nasi bungkus/kotak bukan saja untuk penghuni panti asuhan tetapi juga masyarakat sekitar yang membutuhkannya      

3.    Donasi Bahan Makanan untuk Panti Asuhan

Penuhi kebutuhan makan harian anak-anak Panti Asuhan dengan bahan-bahan makanan yang dapat menjamin mereka dalam mengkonsumsi makanan sehat dan hangat yang diolah di dapur panti dengan memperhatikan keseimbangan gizi dan nutrisinya.

4.    Donasi Membayar Tagihan Rutin Bulanan Panti Asuhan

Donasi membayar tagihan rutin dibutuhkan karena pengurus panti asuhan masih sering mengalami kesulitan dalam membayar tagihan tersebut. Tagihan dapat berupa  air, listrik, dan internet yang menjadi tanggungan Panti Asuhan.

5.    Open Donasi Baju Bekas/Baru

Keluarkan sebagian saja pakaian Anda yang bersih dan masih layak pakai untuk dikenakan oleh anak-anak panti asuhan yang membutuhkannya atau bahkan membelikan mereka baju baru yang pasti akan disambut dengan suka cita oleh mereka dan mendatangkan berkah dan pahala dari Allah swt.

6.    Open Donasi Air Bersih

Air merupakan kebutuhan sangat vital bagi manusia. Di lingkup panti asuhan dimana banyak anak yang tinggal dan berkumpul bersama kebutuhan air baik untuk minum , memasak , mandi, dll sangat tinggi sekali.

Untuk donasi bisa melalui :

1.     Bank Mandiri , (008) 132 002 718 4184, A/n. Yayasan Samiyah Amal Insani

2.     Bank BJB, (110) 009 766 836 1100, A/n. Yayasan Samiyah Amal Insani

3.     BSI (Bank Syariah Indonesia), (451) 715 370 1274, A/n. Yayasan Samiyah Amal Insani

 

Rekening Alternatif :

1.     Bank BCA, (014) 280 172 4029, A/n. Herri Permana

2.     Bank BNI, (009) 024 086 3100, A/n. Siti Samiyah

3.     Gopay OVO, 0821 3018 9477, A/n. Herri Permana

Bagi Bapak/Ibu yang berniat untuk membantu Panti Asuhan Samiyah Amal Insani dalam menjalankan visi dan misi dari tujuan diatas, bisa menghubungi nomor whatshapp atau ponsel yang telah di sediakan di website samiyahamalinsani.or.id.

By roket