June 15, 2021

Natudelia

Berita Hangat

Simbiosis Tanaman Anggrek dengan Makhluk Hidup Lainnya

1 min read

Bagi penggemar tanaman anggrek mungkin sudah mengetahiui kalau tanaman ini sangat baik apabila tumbuh di suhu yang hangat dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Sebab kalau terkena, maka akan merusak tanaman.

Karena itu tidak jarang ditemukan tumbuhan anggrek yang hidupnya ada di pohon besar, atau “menumpang” pada pohon tersebut. Umumnya ini banyak ditemukan pada anggrek hutan yang memang rentan terkena matahari langsung.

Anggrek Sering Menumpang Hidup Pada Pohon Besar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tanaman ini umumnya berada di bawah pohon besar. Apalagi jika anggrek tersebut merupakan anggrek hutan yang sangat rentan terkena sinar matahari langsung, dan bisa berpotensi merusak.

Hal ini biasanya dilakukan oleh anggrek untuk mendapatkan perlindungan dari sinar matahari langsung sehingga tubuhnya tidak rusak, dan anggrek tetap bisa bermetabolisme dengan baik. Karena itulah anggrek umumnya berada menempel di pohon besar.

Termasuk dalam Hubungan Simbiosis Komensalisme

Lalu akhirnya timbul pertanyaan, saat anggrek tinggal di inangnya simbiosis apa yang terbentuk? Jawabannya adalah simbiosis komensalisme atau hubungan dimana satu pihak mendapatkan keuntungan, dan satu pihak tidak merasa dirugikan ataupun diuntungkan.

Hal tersebut terjadi karena anggrek menumpang di pohon besar untuk mendapatkan keuntungan yakni terhindar dari sinar matahari. Namun selama menumpang itu anggrek tidak mengambil apapun dari pohon besarnya, jadi tidak untung dan tidak rugi sama sekali.

Itulah alasannya mengapa hubungan tanaman anggrek dengan pohon besar sebagai inangnya menjadi simbiosis komensalisme. Alias satu pihak untung sementara pihak lain tidak rugi ataupun tidak untung.

sumber : Pusat Anggrek Murah

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.