December 2, 2020

Natudelia

Berita Hangat

Tanda-Tanda Persalinan Semakin Dekat, Inilah Persiapan yang Harus Dilakukan

2 min read
Tanda-Tanda Persalinan Semakin Dekat, Inilah Persiapan yang Harus Dilakukan

Setelah kehamilan memasuki akhir trimester ketiga, terdapat banyak persiapan yang harus dilakukan ibu hamil guna menghadapi proses persalinan. Ketika tanda-tanda persalinan semakin dekat, tak sedikit ibu hamil yang merasa cemas, takut dan juga bingung.

Karena itulah penting bagi ibu hamil untuk melakukan persiapan yang matang menjelang persalinan agar siap secara fisik maupun mental. Berikut ini persiapan menjelang melahirkan yang wajib untuk dicatat.

Mencari Tahu Informasi Terkait Proses Persalinan

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan menjelang proses persalinan adalah mencari informasi mengenai proses melahirkan, baik melahirkan dengan operasi caesar maupun melahirkan normal. Terlebih kali ini merupakan kali pertama Anda melahirkan, tentunya Anda perlu menggali informasi sebanyak mungkin melalui teman atau anggota keluarga yang pernah melahirkan, melalui internet, ataupun bertanya pada dokter.

Mempersiapkan Mental

Rasa takut yang menghantui ketika persalinan semakin dekat banyak dirasakan oleh ibu hamil. Tak hanya wanita yang baru pertama kali mengandung, wanita yang sudah pernah mengandung sebelumnya pun juga tak jarang dibayangi ketakutan akan rasa sakit ketika melahirkan.

Agar tak dihantui rasa takut terus menerus, latih mental Anda agar lebih siap ketika nanti tiba saatnya melahirkan. Anda dapat mengikuti kelas khusus ibu hamil, meminta dukungan dari keluarga dan teman terdekat, hingga membayangkan wajah buah hati yang sebentar lagi akan bertemu dengan Anda.

Melatih Fisik

Setelah merasakan tanda-tanda persalinan semakin dekat, Anda dapat melatih fisik dengan gerakan-gerakan sederhana untuk mempersiapkan proses persalinan Anda nantinya.

Latihan fisik sederhana seperti latihan jongkok, latihan kegel atau menarik otot di area kewanitaan, hingga latihan duduk dengan posisi kaki bersila dapat Anda lakukan di rumah.

Mempersiapkan Tas Bersalin

Ketika usia kandungan mencapai 9 bulan, Anda perlu mempersiapkan perlengkapan melahirkan di dalam sebuah tas yang dapat Anda bawa langsung ketika nanti tiba waktunya bersalin.

Perlengkapan seperti kartu identitas, baju ganti, kain jarit, peralatan mandi, daster, bra menyusui, pembalut nifas, hingga perlengkapan bayi dapat Anda siapkan jauh-jauh hari.

5 Metode Persalinan

Terdapat beberapa metode persalinan yang wajib bumil ketahui, diantaranya:

  1. Persalinan normal, dimana ibu akan melahirkan bayi secara normal melalui lubang vagina dengan atau tanpa bantuan alat maupun obat tertentu.
  2. Persalinan caesar, adalah operasi persalinan yang memberikan sayatan pada perut serta rahim guna mengeluarkan bayi dari kandungan.
  3. Water birth, yaitu persalinan normal yang dilakukan di dalam air.
  4. Hypno birth, yaitu proses persalinan dengan menggunakan metode hipnosis serta teknik relaksasi guna mengatasi ketakutan dan ketegangan selama melahirkan.
  5. Home birth, yaitu proses persalinan yang dilakukan di rumah. Namun metode yang satu ini tidak dianjurkan guna menghindari risiko terjadi komplikasi tertentu selama proses melahirkan.

Ketika tanda-tanda persalinan semakin dekat, tak perlu tegang dan panik. Lakukan beberapa hal diatas agar ibu dapat mempersiapkan persalinan dengan matang dan hati yang tenang.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.