Madu Sidr Asli

 

Hadramaut dikenal sebagai salah satu penghasil madu terbaik di dunia, karena keunggulannya itu kini banyak masyarakat yang memilih menjadi peternak lebah madu sebagai penghasilan tambahan, Profesi ini dilakukan lantaran perang saudara di Yaman membuat pekerjaan hilang ditambah kini pandemi covid 19 tengah terjadi, Harga Madu Yaman Sidr Fakhir termasuk bagus dipasaran oleh karena itu sejumlah keluarga kini memasang sarang lebah di rumah mereka sendiri untuk menambah penghasilan. Sumber pendapatan alternatif ini membantu beberapa orang yaman bertahan hidup di antara mereka adalah najib shaleh yang sehari-hari bekerja sebagai guru di sekolah negeri.

Berikut adalah cuplikan wawancara kami: “penghasilan dari pekerjaan dipemerintahan tidak selalu bisa memenuhi kebutuhan pegawai, begitu dengan pekerjaan pada profesi lain. Bahkan bekerja diperusahaan swasta pun tidak selalu memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga beralih menjadi peternak lebah, karena sederhana. Beternak lebah tidak membutuhkan banyak usaha, kami hanya merawat mereka sekali sehari.”

Perang diyaman telah Banyak orang berjuang melawan kemiskinan tambah dengan memburuknya kondisi kehidupan produksi berpengaruh selama bertahun-tahun perang terjadi karena gerakan ternak lebah daerah penggembalaan terganggu oleh pertempuran. “Perang yang sedang berlangsung diyaman memengharuhi 90% standar hidup rakyat yaman, pengangguran telah meningkat hingga lebih dari 60% diantara kaum muda. Banyak keluarga kehilangan sumber pendapatan, yang menyebabkan peningkatan angka kemiskinan. Namun banyak juga kaum muda dan karyawan akhirnya beralih ke peternakan lebah untuk memproduksi madu.” Tutur Nawfal Bayacub

Di Yaman, metode beternak lebah masih menggunakan cara-cara tradisional. Tidak dibolehkan menggunakan zat kimia atau obat anti hama. Sehingga tetap terjaga zat enzimatiknya yang sangat berguna bagi kehidupan. lImu kedokteran menemukan khasiat madu sebagai pengobatan di wilayah-wilayah yang terjadi penyebaran bakteri yang tahan antibiotik (superbugs). Madu Yaman sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Madu Yaman mengandung asam askorbat. Antioksidan ini sangat penting untuk mengatasi kerusakan tubuh oleh radikal bebas yang berperan dalam proses penuaan dan mencegah pemicu timbulnya penyakit seperti penyakit pembuluh darah dan kanker.

Madu yang dianggap sebagai emas cair tidak pernah berhenti mengalir di tahun-tahun saat perang terjadi meski mengalami tantangan menurut laporan yang diterbitkan tahun lalu oleh program pembangunan perserikatan bangsa-bangsa, Lebih dari 800 ton madu Yaman tetap berhasil diekspor ke luar negeri setiap tahun. Di Yaman menghasilkan sekitar 30 jenis madu yang berbeda satu sama lain karena Medan yang bervariasi di antaranya jenis madu Yaman yang paling terkenal adalah Madu Sidr