Bicara investasi, kini sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi sebagian besar orang. Dari sekian banyak instrumen investasi, emas masih menjadi pilih yang paling diminati. Salah satu alasannya selain untuk kado pernikahan, tentu saja karena resiko ketika berinvestasi emas dianggap kecil dan masih bisa dikendalikan. Harganya pun terbilang sangat stabil, bahkan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Tips Membeli Perhiasan Emas Untuk Investasi Agar Tidak Rugi

Namun, selain emas batangan, emas dalam bentuk perhiasan juga banyak dijadikan pilihan investasi. Selain mudah didapatkan, investasi dalam bentuk perhiasan emas memiliki keuntungan tersendiri. Berikut tips membeli perhiasan emas untuk investasi agar tidak rugi, antara lain :

  • Cari Informasi Harga Emas Terkini

Sebelum Anda pergi ke toko perhiasan sepertiĀ Adelle jewellery, Anda perlu melihat kondisi pasar sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Meskipun terbilang stabil, namun harganya fluktuatif selama pandemi ini sehingga perlu dijadikan sebagai salah satu pertimbangan. Pastikan untuk melakukan pengecekan harga pasaran saat ini sebelum membeli.

Berbeda dengan emas batangan, perhiasan emas lebih bervariatif dan hal tersebut berpengaruh terhadap harga. Anda bisa mengecek harganya secara online dan melakukan perbandingan agar mendapatkan perhiasan emas dengan harga terbaik di pasaran.

  • Cek Kadar Emas

Selain memastikan harga pasaran, Anda juga perlu mengecek kadar dari emas itu sendiri. Perhiasan emas terdiri dari beberapa pilihan kadar yang berbeda sehingga harganya pun juga akan berbeda. Anda dapat menemukan perhiasan emas mulai dari kadar 8 karat hingga 24 karat untuk emas yang paling murni.

Perbedaan harganya sendiri akan sangat signifikan tergantung besaran kadar yang Anda pilih. Semakin tinggi kadarnya, maka harganya juga akan semakin mahal untuk setiap gramnya. Untuk perhiasan emas dengan kadar yang tinggi biasanya jauh lebih lunak sehingga hanya hadir dalam bentuk perhiasan sederhana saja.

  • Cek Kondisi Emas

Sebelum membelinya, Anda perlu cek kondisi emas secara detail. Hal ini jangan sampai terlewat karena akan berpengaruh juga terhadap harga yang dipatok maupun harga jualnya nanti. Pastikan untuk cek secara detail agar pada setiap perhiasan emas yang akan dibeli. Sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian ketika Anda akan menjualnya kembali.

  • Pilih Toko Yang Terpercaya

Semakin banyaknya toko emas yang bisa dijumpai, justru Anda harus berhati-hati. Hindari untuk membeli emas di sembarang toko apalagi jika melakukan pembelian secara online. Selain dari kualitas emas, hal lain seperti potongan penjualan juga bisa dijadikan pertimbangan. Pilihlah toko perhiasan emas yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya.

Itulah tips membeli perhiasan emas untuk investasi agar kelak Anda tidak merugi. Lakukan pembelian emas dengan cermat karena resiko penipuan emas palsu atau sepuhan akan selalu ada. Bukannya untung, kondisi ini justru akan membuat Anda mengalami banyak kerugian.