Pentingnya menjaga hubungan LDR “Long Distance Relationship” atau hubungan jarak jauh ketika sebuah pasangan berpisah satu dengan lainnya dengan jarak cukup jauh secara fisik dalam kurun waktu tertentu. Artikel ini akan membahas tentang tips menjaga hubungan LDR dengan pasangan.

Tidak mudah bagi pasangan untuk menjaga hubungan LDR karena disitu akan menguji keharmonisan dalam rumah tangga.

Hal yang bisa saja menyebabkan kesalahan pahaman karena rasa curiga, cemburu atau memiliki prasangka buruk terhadap pasangan.

Saat menjalani hubungan LDR hal-hal seperti itu lumrah dan Anda di tuntut untuk menjaga pertengkaran dan menjaga komitmen satu sama lain yang sudah dijanjikan pada awal pernikahan.

Tips Menjaga Hubungan LDR

Kami sarankan juga untuk membaca beberapa panduan seputar tanya jawab Islam online.

Bagaimana agar hubungan LDR tetap langgeng?

1. Menjaga Kepercayaan

Menjaga dan menanamkan rasa saling percaya terhadap pasangan sangat penting.

Dalam hal ini, bila timbul rasa curiga, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti video call untuk memastikan pasangan Anda tidak melakukan hal yang tidak diinginkan.

Perlu diingat juga dalam melakukan video call jangan sampai pasangan Anda tahu maksud dan tujuan Anda untuk melakukan video call, karena hal tersebut bisa memicu pertengkaran.

2. Berpegang teguh pada Agama

Kita sebagai umat islam yang menjadikan Al-Quran sebagai pedoman, dijelaskan bahwa kesadaran dalam semua aspek kehidupan untuk para pasangan suami istri yang berjauhan juga diharapkan tidak pernah lupa untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah, meskipun harus bertempat tinggal berbeda atau terpisahkan jarak dengan pasangan mereka.

Seorang muslim adalah orang yang paling jauh dari prasangka buruk, suudzan dan curiga yang tidak berdasar. Di dalam al Qur’an Allah ‘azza wa jalla berfirman:

وَإِنَّ الظَّنَّ لا يُغْنِي مِنَ الْحَقِّ شَيْئًا

“..Sesungguhnya persangkaan itu tiada berfaedah sedikit pun terhadap kebenaran” [QS. An-Najm: 28]

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الحَدِيثِ

“Hati-hatilah kalian dari prasangka (buruk), karena prasangka adalah ucapan yang paling dusta” [Bukhari (5143), Muslim (2563)]

3. Saling terbuka

Menjaga hubungan jarak jauh juga mengharuskan agar kita saling terbuka satu sama lain. Sebab, dengan merahasiakan suatu hal dari pasangan akan berdampak negatif terhadap keharmonisan rumah tangga.

Keterbukaan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam menjaga kehidupan berumah tangga dengan pasangan, bisa dimulai dengan menceritakan hal-hal yang Anda alami hari ini atau dengan merespon curhat pasangan.

4. Menjaga Keharmonisan

Keharmonisan rumah tangga sangat rentan saat menjalani hubungan jarak jauh yang bisa berdampak negatif akan keberlangsungan kehidupan berumah tangga.

Pada hakikat pernikahan, mewajibkan untuk saling menjaga hubungan yang sudah dibangun dengan meningkatkan keharmonisan hubungan keluarga meskipun dalam jarak jauh.

5. Jalin Komunikasi

Dengan menjaga komunikasi yang baik, beberapa hal di atas bisa ditangani dengan mudah, meningkatkan rasa percaya dan membuat hubungan lebih harmonis.

Jadi faktor terpenting di dalam hubungan keluarga jarak jauh adalah komunisasi supaya terjaga kepercayaan antara keluarga.

6. Hindari Kesalahan Pahaman

Pasti semua hal yang Anda dengan memang begitu adanya, jaga komunikasi dengan baik untuk mengurangi dampak kesalahan pahaman antara pasangan.

Dalam mengatasi hal tersebut, kedua belah pihak harus memiliki rasa untuk saling menjaga keutuhan keluarga dan saling intropeksi.

Perselingkuhan dalam hubungan LDR bisa disebabkan dari kurang terpenuhi hawa nafsu dalam rumah tangga. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan sex dalam hubungan rumah tangga?

Ada baiknya sempatkan waktu untuk pelang dalam beberapa minggu sekali, tapi jika memang kondisi pekerjaan yang tidak memungkinkan, sebagai pertimbangkan hal tersebut sebelum melakukan hubungan LDR.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa hubungan LDR tidak semuanya berdampak negatif, bahkan lebih parahnya bisa mengakibatkan perceraian.

Setiap menjalin hubungan jarak jauh apabila dilakukan dengan saling percaya, saling menjaga dan komitmen akan menjaga keutuhan rumah tangga.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, mudah untuk semua pasangan LDR untuk melakukan komunikasi dengan baik antara satu sama lain.

Tidak jarang seseorang yang menjalani hubungan LDR memilih untuk menikah lagi dengan orang lain tanpa sepengetahuan pasangan, dengan kata lain melakukan nikah siri. Oleh sebab itulah tips ini bisa Anda terapkan agar hubungan tetap langgeng.

Itulah beberapa tips menjaga hubungan LDR yang bisa Anda aplikasikan saat pada posisi tersebut.

By arief