Selain biaya pernikahan, daftar persiapan pernikahan juga penting untuk diperhatikan. Berikut kami rangkum hal-hal yang perlu Anda ketahui agar momen indah Anda bisa berjalan lancar dan berkesan.

  1. Tanggal dan Waktu Pernikahan

Tanggal dan Waktu Pernikahan adalah dua hal penting yang harus dipersiapkan sejak awal. Biasanya, orang tua dari kedua mempelai akan mencarikan “tanggal yang baik” untuk pernikahan anak-anak mereka. Namun tak jarang pasangan memilih untuk menentukan sendiri tanggal pernikahannya.

Anda dan pasangan bisa memilih di akhir pekan agar banyak tamu undangan yang hadir. Sayangnya, harga sewa di akhir pekan jauh lebih mahal. Oleh karena itu, selain fleksibilitas jadwal, pertimbangkan juga biaya yang harus dikeluarkan.

  1. File Pernikahan

Daftar persiapan pernikahan ini sangat penting agar dapat dinyatakan sah menurut hukum. Setidaknya anda harus menyiapkan beberapa hal berikut.

Untuk lebih pasti, tanyakan kelengkapan dokumen langsung ke petugas KUA.

  1. Undangan dan Souvenir

Tentukan siapa tamu yang akan diundang dan pastikan Anda telah membagikan undangan minimal 1 bulan dalam sehari – D. Selain itu, tentukan souvenir dan cek harga pasaran di beberapa penjual sebelum Anda memesan. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran.

  1. Konsep dan Dekorasi

Jangan lupa diskusikan konsep pernikahan dengan pasangan. Hal ini nantinya akan mempengaruhi dekorasi dan venue pernikahan yang akan digunakan. Berikut beberapa konsep yang bisa Anda pilih.

  1. Tempat Pernikahan

Jangan anggap remeh persiapan pernikahan ini. Agar pernikahan menjadi lebih bermakna, Anda perlu menyelaraskan tempat pernikahan dengan konsep yang telah dibuat. Untuk konsep sederhana, Anda bisa memilih venue di rumah, sedangkan untuk konsep tradisional dan elegan, Anda bisa memilih venue di gedung atau taman.

  1. Katering

Daftar persiapan pernikahan selanjutnya adalah katering. Sebelum memesan, lakukan survey rasa dan harga terlebih dahulu. Selain itu, pilihlah menu yang seimbang, misalnya dengan komposisi daging, sayuran, sup, dan beberapa dessert.

Harga catering prasmanan untuk 500 pax berkisar antara Rp. 5 juta – Rp. 20 jutaan, tergantung menu yang kamu pilih di setiap paketnya.

  1. Hiburan

Tidak hanya tempat, makanan, dan dekorasi, Anda juga perlu menyiapkan hiburan di pesta pernikahan. Saat ini, hiburan pernikahan yang paling populer adalah band akustik dan organ solo. Tarif band akustik biasanya berkisar antara Rp. 1 juta – Rp. 3 juta, sedangkan satu organ dikenakan biaya Rp. 500 ribu.

Untuk anda yang buth penghulu untuk nikah, baik nikah pertama maupun nikah siri bandung yang resmi. Bisa menghubungi nomor kontak yang ada di ustadz.my.id

By jago

Mister Jago Hadir untuk berbagi berbagai informasi seputar pemasaran online dan Pembuatan webiste WordPress. Jika anda butuh referensi lebih, silahkan kunjungi : https://www.salimdigital.com/blog-salim/