Natudelia.com – setiap orang tentunya memiliki karakteristik kulit yang berbeda-beda. Namun, perihal permasalahan kulit tentunya banyak sekali orang yang mengalami masalah kulit yang hampir sama, baik itu kulit kering, berminyak, maupun kombinasi. Hal ini tentunya sangat mengganggu, apalagi masalah kulit seperti kerutan halus, jerawat, mata panda, kulit belang, flek hitam dan masih banyak lainnya. Siapa sih yang gak ingin punya wajah yang bersih dan terawat?

Tapi tahukah kamu? Gaya hidup yang tidak sehat, hingga perawatan kulit dalam menghadapi paparan polusi, sinar matahari turut mempengaruhi kulitmu loh. Belum lagi bertambahnya usia, hingga penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat atau tidak cocok menjadi faktor lain yang mengakibatkan kulit mengalami beberapa masalah. Nah buat kamu yang belum tahu mengenai beberapa masalah kulit yang sering terjadi, yuk coba kenali lebih dekat.

4 Masalah Kulit dan Cara Ampuh Mengatasinya

Berikut ini kami ingin menyampaikan beberapa masalah kulit yang sering terjadi dan cara mengatasinya.

1. Jerawat

4 Cara Menghilangkan Jerawat yang Benar Menurut Medis | Indozone.id

Siapa sih yang gak kenal dengan masalah kulit yang satu ini? Ya, Jerawat (acne) adalah salah satu gangguan pada kulit wajah, yang disebabkan oleh produksi minyak (sebum) berlebih. Munculnya jerawat ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Tahukah kamu?

Munculnya jerawat disebabkan oleh pola diet yang kurang tepat, debu polusi, salah menggunakan perawatan wajah, genetic, hingga pola gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi disebabkan oleh stress. Selain itu, timbulnya jerawat juga disebabkan karena kekurangan nutrisi, misalnya vitamin A, E, D, dan zink. Banyak yang mengira memakan kacang kacangan menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat, padahal kacang kacangan merupakan sumber vitamin E dan Zink. Selain kacang kacangan, untuk mendapatkan sumber vitamin E dan zink dapat juga mengonsumsi biji-bijian, makanan laut, dan daging sapi. Jerawat juga disebabkan oleh mengonsumsi produk susu dan makanan kaya karbohidrat secara berlebihan.

Bagaimana cara mengatasi Jerawat?

Lakukan olahraga, minum air putih cukup, dan tidur cukup, rutin membersihkan kulit wajah, dan menggunakan perawatan kulit wajah yang tepat.

2. Kerutan Pada Wajah

5 Jus Alami untuk Hilangkan Kerutan di Wajah - Fashion & Beauty Liputan6.com

Perlu kamu ketahui, seiring bertambahnya usia kulit wajah akan semakin tipis, kering, dan kurang elastis. Akan tetapi yang sangat menganggu dari kerutan akibat pertambahan usia adalah timbulnya kerutan akibat penuaan dini. Penyebab jerawat dapat disebabkan dari kebiasaan hidup yang tidak sehat, seperti merokok, paparan sinar matahari terlalu sering, tidak mengonsumsi makanan bergizi dan tidak menggunakan pelembab.

Kamu juga harus mewaspadai, dimana kerutan halus muncul pada wajah adalah permulaan dari pembentukan kerutan loh. Garis-garis halus yang timbul pada wajah dapat disebabkan dari kebiasaan ekspresi wajah, seperti tersenyum, tertawa, mengerutkan alis, mengerutkan dahi, ekspresi wajah lainnya yang menciptakan lipatan di wajah, dan penambahan usia.

Selain dari faktor alami yang disebutkan, adapun penyebab lainnya adalah seperti kurangnya kelembapan pada kulit wajah, paparan sinar UV pada kulit wajah yang tidak dilindungi sunscreen, kurang olahraga, dan asupan air putih yang kurang.

Bagaimana cara mencegah kerutan pada wajah?

Agar masalah pada kulit wajah ini tidak menjadi permanen, hidrasi wajah secara teratur, menggunakan perawatan wajah yang mengandung antioksidan, colla9en, dan bahan-bahan alami lainnya. Untuk melengkapinya, pastikan juga membersihkan kulit wajah dengan double cleansing.

3. Flek hitam

5 Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

Flek hitam pada wajah biasanya tidaklah berbahaya, namun sangat menganggu penampilan. Bagaimana tidak? Flek hitam atau disebut juga hiperpigmentasi merupakan masalah wajah yang ditandai dengan munculnya bercak atau bintik-bintik berwarna gelap.

Munculnya flek hitam tentunya terjadi pada orang yang sudah berusia maupun yang masih muda. Hal ini tentu saja disebabkan karena penumpukan zat melanin pada kulit wajah. Zat melanin sendiri memang memiliki peran dalam membentuk warna pigmen kulit, jika produksi melanin pada wajah berlebih akan mengakibatkan munculnya bercak gelap pada kulit bahkan di area selain wajah.

Flek hitam di wajah sangat umum disebabkan karena paparan sinar UV berlebih, penggunaan obaat tertentu, atau penyakit bawaan, endokrin.

Bagaimana cara mencegah Flek Hitam pada wajah?

Untuk mencegah, atau menguranginya,  penggunaan sunscreen sedini mungkin dapat menjadi solusinya. Selain itu disarankan untuk rutin eksfoliasi atau pengelupasan sel sel kulit mati,  menggunakan perawatan kulit wajah yang bisa menghambat produksi melanin, dan rutin membersihkan wajah.

4. Warna kulit tidak merata

Warna Kulit Tidak Rata? Ini 7 Tips Mengatasinya Secara Alami - Hot  Liputan6.com

Tahukah kamu? Penyebab warna kulit tidak merata biasanya, disebabkan karena beberapa faktor seperti dibawah ini.

  • hormon
  • faktor usia
  • pemakaian produk kosmetik
  • pengobaatan tertentu

Bagaimana cara mengatasinya? 

Untuk mengatasinya, lakukanlah secara rutin pengelupasan  sel sel kulit  mati atau eksfoliasi setidaknya seminggu sekali, menggunakan sunscreen, memakai produk perawatan wajah yang mengandung retinol, vitamin C, dan bahan-bahan alami, seperti jel lidah buaya.

Cara Mudah Mencegah dan Memperbaiki Masalah Kulit

Tentunya ada ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan kulit, dimana akan ada formulasi khusus yang dikombinasikan sehingga bisa menghilangkan dan memperbaiki suatu permasalahan berbagai kulit. Jadi buat kamu yang ingin mengenal dan menggali lebih dalam mengenai dunia kecantikan bisa melakukan kursus estetika medik.

Tentunya dengan kursus estetika medik kamu akan diberikan berbagai materi, teori, dan praktek dalam menghadapi berbagai permasalahan kulit. Nah khususnya buat kamu yang ingin terjun menjadi seorang dokter kecantikan, bisa banget tambah kursus estetika medik loh supaya bisa menjadi dokter estetika. Lalu dimana kursus kecantikan/estetika medik terpercaya? Tentu saja kamu bisa menghubungi dan bergabung dengan Jakarta Science Academy (JSA).

Jakarta Science Academy - JSA - Posts | Facebook

Mengenal Jakarta Science Academy (JSA)

Kursus Estetika terbaik di Jakarta | Jakarta Science Academy : Jakarta  Science Academy

Tahukah kamu? Jakarta Science Academy merupakan sebuah lembaga kursus yang secara khusus akan memberikan materi dan pelatihan mengenai berbagai tindakan estetika medik dalam mencegah dan memperbaiki permasalahan kulit. Di Jakarta Science Academy tentunya didukung oleh dokter, dan tenaga ahli yang profesional dan berkompeten.

Belum lagi disini kamu akan diberikan fasilitas peralatan estetika medik seperti tindakan filler, laser, dan alat canggih terbaru seperti digunakan klinik kecantikan saat ini yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Sehingga nantinya jika kamu terjun dan masuk sebagai profesi tenaga ahli estetika medik di klinik kecantikan paham dan bisa menggunakan peralatan tersebut dengan baik. Tentunya masih banyak kelebihan yang bisa bakal kamu temukan ketika kursus kecantikan di Jakarta Science Academy. Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan di website resminya di https://www.jakartascienceacademy.com/.

Itulah informasi yang bisa Natudelia.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadikan referensi dalam mengenal lebih jauh tentang estetika medik dan berbagai permasalahan kulit yang sering terjadi.