Salah satu usaha yang sedang maju dan banyak diminati yaitu usaha ekspedisi seperti J&T. Bahkan di saat pandemi COVID-19, usaha ekspedisi J&T tetap berkembang karena semakin banyak orang yang membutuhkannya.

Hal inilah menjadi alasan mengapa semakin banyak orang tertarik ingin bergabung menjadi agen J&T. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara menjadi agen J&T, syarat-syarat yang harus dipenuhi, serta keuntungannya.

Kenapa Banyak Orang Tertarik Jadi Agen J&T?

Cabang baru J&T selalu bermunculan dan menjamur di setiap daerah. Hal ini dikarenakan begitu besarnya antusiasme masyarakat untuk bergabung menjadi agen J&T.

Kenapa banyak orang tertarik bergabung jadi agen J&T? Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan, orang-orang tertarik jadi agen baru karena keuntungannya yang besar. Berikut keuntungan jadi agen J&T:

1. Tak Perlu Melakukan Promosi Besar-besaran

J&T adalah jasa ekspedisi ternama yang sudah dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu agen J&T tidak perlu melakukan promosi besar-besaran. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi agen karena untuk melakukan promosi pada umumnya memerlukan biaya.

2. Target Konsumen Sudah Jelas

Agen J&T tidak perlu merancang strategi positioning atau menganalisis target pasar. Sebab, bisnis J&T sudah memiliki target konsumen yang jelas. Jadi, agen hanya menjalankan operasional bisnisnya saja.

3. Potensi Mendapatkan Pelanggan yang Besar

Keuntungan lainnya dari menjadi agen J&T yaitu ada potensi besar untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Hal ini dikarenakan reputasi dan kredibilitas J&T sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Cara Jadi Agen J&T

J&T adalah ekspedisi yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk keperluan pengiriman barang. Selain itu, J&T juga bermitra dengan banyak marketplace ternama sehingga customer dari marketplace tersebut bisa memilih ekspedisi J&T untuk mengirimkan barang pesanannya.

Lalu, bagaimana cara jadi agen J&T? Berikut langkah-langkahnya:

  • Hubungi Perwakilan J&T Tiap Kota/Provinsi. Langkah ini diperlukan untuk mengetahui informasi pendaftaran agen J&T. Sebab J&T pusat terkadang tidak mengumumkan langsung kapan saja pendaftaran untuk agen baru dibuka.
  • Datang ke Kantor J&T. Setelah menghubungi J&T biasanya calon agen akan diminta datang langsung sambil membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
  • Tunggu Beberapa Hari. Pada umumnya calon agen akan diminta menunggu beberapa hari karena tim J&T harus memverifikasi dokumen dan permohonan pendaftaran.
  • Ikuti Instruksi Selanjutnya dari J&T. Jika permohonan untuk menjadi agen diterima, maka J&T akan langsung menghubungi calon agen.

Syarat-syarat Jadi Agen J&T

Mengetahui cara jadi agen baru J&T saja sepertinya tidak cukup. Sebab, dalam mendaftar keagenan ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Inilah syarat-syarat daftar agen J&T:

  • Surat permohonan untuk menjadi agen baru J&T
  • Harus melampirkan surat keterangan kepemilikan badan usaha
  • Fotokopi akta pendirian usaha
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto baru dengan ukuran 3 x 4
  • Fotokopi SIUP
  • Fotokopi NPWP
  • Siap menyetor uang jaminan
  • Faktor biaya administrasi ketika permohonan pendaftaran telah disetujui J&T

Nah, itulah syarat untuk daftar jadi agen baru J&T. Dari persyaratan tersebut ada sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan dan tentunya dilampirkan ketika datang ke kantor J&T untuk mendaftar.

Selain itu, calon agen baru juga harus menyiapkan biaya administrasi untuk membuka cabang baru J&T. Biaya ini nantinya akan dikelola oleh pihak J&T untuk mengurus segala kebutuhan untuk cabang baru.

Demikian informasi mengenai agen J&T. Selama seluruh persyaratan untuk mendaftar agen dipenuhi, maka permohonan jadi agen J&T pasti akan diterima.