Jenis-Jenis Matriks

Jenis-Jenis Matriks – Matriks merupakan kumpulan bilangan yag tersusun secara kolom, baris atau kedua-duanya dan ditempatkan di dalam sebuah tanda kurung. Bilangan yang membentuk sebuah matriks ini biasanya disebut dengan elemen matriks. Fungsi matriks sendiri biasanya untuk digunakan dalam melakukan penyederhanaan sebuah data sehingga mudah untuk diolah.

Pengertian matriks secara umum ialah sejumlah bilangan yang disusun dalam baris dan juga kolom. Anggota bilangan yang ada di dalam susunan mendatar disebut dengan sebutan baris, sedangkan sejumlah bilangan yang tersusun menurun ini disebut kolom. Ukuran matriks dinyatakan dalam ordo matriks, yang dinyatakan dalam notasi baris dikali kolom.

Salah satu fungsi dari matriks adalah untuk mempermudah penghitungan matematika. Matriks juga bisa digunakan agar mempermudah penyampaian sebuah data yang tersusun dalam bentuk angka atau bilangan. Di dalam matematika, matriks ini bisa ditambah, dikurangi atau dikalikan, dan juga bisa dilakukan operasi matriks yang bernama transpose.

Perlu diketahui, di dalam matematika, matriks juga memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Pengelompokan jenis-jenis matriks ini bisa dilakukan dengan berdasar jumlah baris dan kolomnya atau pola elemen dari matriks tersebut. Beberapa contoh matriks yang sering digunakan saat ini adalah matriks identitas, matriks scalar, hingga matriks baris dan kolom.

Jenis-Jenis Matriks

Namun, ada beberapa jenis matriks lainnya yang tentunya tidak bisa Anda abaikan dan perlu diketahui. Simak macam-macam matriks beserta contoh dan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Matriks Baris

Jenis matriks yang pertama adalah matrik. Matrik yang satu ini terdiri dari saru baris saja. Dan pada ummnya, matriks ini memiliki ordo 1 x n, di mana n adalah banyak kolom pada matriks tersebut.

Contoh :

Matriks Baris
Matriks Baris

2. Matriks Kolom

Matriks kolom merupakan jenis matriks yang hanya memiliki jumlah kolom satu saja. Dan pada umumnam matriks kolom memiliki ordo n x 1, di mana n merupakan banyak baris yang ada pada matriks.

Contoh :

Matriks Kolom
Matriks Kolom

3. Matriks Persegi

Jenis matriks selanjutnya adalah matriks persegi. Matriks yang satu ini memiliki jumlah kolom dan juga baris yang berjumlah sama. Maka dari itu, matriks persegi memiliki ordo n x n.

Contoh :

Matriks Persegi
Matriks Persegi

4. Matriks Persegi Panjang

Matriks persegi panjang merupakan jenis matriks yang memiliki kolom dengan jumlah yang berbeda dengan jumlah baris. Oleh karena  itu, matriks persegi panjang memiliki ordo m x n.

Contoh :

Matriks Persegi Panjang
Matriks Persegi Panjang

5. Matriks Segitiga

Jenis matriks segitiga merupakan matriks jenis persegi yang memiliki elemen bernilai nol dengan pola segitiga di bagian atas atau pun bagian bawah diagonal utamanya.

Matriks Segitiga
Matriks Segitiga

6. Matriks Diagonal

Matriks diagonal sendiri adalah jenis matriks yang memiliki nilai nol di semua elemennya, kecuali pada diagonal utamanya.

Contoh :

Matriks Diagonal
Matriks Diagonal

7. Matriks Identitas

Jenis matriks selanjutnya ada matriks identitas yang merupakan matriks dengan elemen diagonal utamanya bernilai 1, sedangkan untuk elemen lainnya memiliki nilai nol.

Contoh :

Matriks Identitas
Matriks Identitas

8. Matriks Skalar

Matriks scalar adalah jenis matriks yang memiliki nilai elemen diagonalnya sama, sedangkan elemen lainnya bernilai nol.

Contoh :

Matriks Skalar
Matriks Skalar

9. Matriks Nol

Matriks nol merupakan jenis matriks yang seluruh elemennya bernilai nol.

Matriks Nol
Matriks Nol

10. Matriks Simetri

Matriks yang ini adalah jenis matrik yang memiliki elemen di atas diagonal utamanya sama dengan elemen-elemen di bawah diagonal utamanya.

Matriks Simetri
Matriks Simetri

Demikian bahasan lengkap mengenai jenis-jenis matriks dan juga penjelasan beserta contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru atau dosen. Semoga bermanfaat.