Optimaise.id – Apa itu SEO dan SEM? Apa perbedaan antara keduanya? Dalam posting ini, kami akan menjernihkan keraguan pertama Anda dalam hal ini, karena ini adalah dua disiplin ilmu yang harus dikontrol oleh setiap konsultan pemasaran digital dengan sempurna untuk memberi saran kepada klien mereka.

 

Apa itu SEO?

SEO adalah inisial dalam bahasa Inggris untuk Search Engine Optimization meskipun juga disebut optimisasi mesin pencari, optimisasi mesin pencari atau optimisasi web.

 

Ketika kita berbicara tentang SEO, kita mengacu pada posisi alami atau organik dari konten di mesin pencari. Dan karena mesin pencari terkemuka adalah Google, kami biasanya fokus pada algoritmenya untuk meningkatkan posisi konten web kami.

 

Apa itu SEM?

SEM adalah inisial dalam bahasa Inggris untuk Search Engine Marketing dan terdiri dari iklan di mesin pencari untuk meningkatkan posisi konten. Dengan cara ini, mereka muncul dengan jelas di bagian atas pencarian dengan lencana iklan.

 

Google AdWords dan Iklan Bing adalah dua platform periklanan mesin pencari yang paling banyak digunakan dan mereka beriklan di PPC (bayar per klik).

 

Perbedaan antara SEO dan SEM

SEO SEM

Tujuan Jangka Panjang Jangka Pendek

Harga Ini gratis meskipun Anda mungkin harus menyewa konsultan SEO. Dari 1 sen (BPK minimum) meskipun Anda mungkin harus menyewa agen khusus untuk menentukan kata kunci dan anggaran.

Pemosisian alami dan organik Dibayar

Di mana itu menunjukkan? SEO dan SEM

10 hal yang harus Anda ketahui tentang SEO sekarang

Tujuannya adalah untuk tampil di posisi pencarian pertama dengan kata kunci tertentu.

Melakukan studi kata kunci atau kata kunci yang benar adalah dasar dari setiap strategi SEO. KeywordPlanner adalah perencana kata kunci praktis yang disediakan Google untuk kita secara gratis.

Ketika kita berbicara tentang optimasi web yang kita maksud adalah internal (SEO on-page) dan eksternal (SEO off-page).

SEO pada halaman memperhitungkan: desain web responsif (disesuaikan dengan ponsel), waktu pemuatan web, konten web, judul, aksesibilitas, tautan internal, sertifikat SSL, penandaan, kepadatan kata kunci …

SEO off-page ditingkatkan dengan tautan alami dari situs web lain (tautan balik), jejaring sosial, direktori, forum …

Google memperbarui algoritmanya sekitar 500 kali setahun. Di halaman ini Anda dapat mengetahui semua perubahan: deteresa.com/changes-algoritmo-google/

Ada plugin untuk WordPress yang membantu Anda meningkatkan posisi SEO konten kami. Misalnya, kami menggunakan Yoast SEO.

Bertaruh pada konten yang unik dan berkualitas. Jika Anda menawarkan teks, gambar, dan video yang benar-benar asli, Anda akan disorot.

Hindari praktik buruk atau Black hat SEO yang dapat memberikan hasil dalam jangka pendek tetapi menghancurkan Anda dalam jangka panjang. Anda harus selalu mengikuti aturan mesin pencari.

Pelajari cara menggunakan tautan ikuti dan nofollow untuk pemosisian web yang benar.

5 hal yang harus Anda ketahui tentang SEM sekarang

Ini memungkinkan kami untuk menghasilkan lalu lintas berkualitas untuk situs web kami, karena pengguna yang mencari akan memiliki niat untuk memperoleh informasi atau memperoleh produk / layanan yang terkait dengan minat mereka.

Yang paling penting adalah mengetahui cara mendapatkan strategi kata kunci yang tepat, menawar kata / harga sesuai dengan tujuan bisnis kita.

Di sektor tertentu (pariwisata, otomotif…) sangat sulit bersaing karena tingginya harga penawaran.

Semakin rumit sebuah kata, semakin sedikit biaya yang Anda keluarkan, tetapi juga semakin sedikit orang yang akan mencarinya. Saat itulah kita berbicara tentang ekor panjang untuk memaksimalkan segmentasi dan mendapatkan tawaran yang lebih kompetitif.

Ini adalah pemasaran online yang sangat terukur yang dengannya kita dapat mencapai tujuan jangka pendek.

Kami berharap telah menjadi jelas bagi Anda apa itu SEO dan SEM dan perbedaan di antara keduanya. Seperti yang Anda lihat, mereka adalah alat mendasar dalam strategi pemasaran online apa pun yang sepadan, jadi Anda harus belajar mempraktikkannya jika Anda ingin menjadi konsultan yang baik.

By Mateas