Semua profesional medis dianggap dokter. Namun, telah ditemukan bahwa dokter memiliki keahlian khusus dalam satu atau lebih bidang. Dalam dunia medis, terdapat berbagai jenis pelayanan medis yang tersedia, dua di antaranya adalah dokter spesialis dan dokter perawatan primer. Apa perbedaan antara keduanya?

 

Dokter Perawatan Primer

Dokter primer adalah dokter perawatan primer. Dokter ini yang harus disalahkan atas sebagian besar masalah kesehatan Anda. Sebelumnya, dokter ini dikenal sebagai dokter keluarga atau dokter umum. Judulnya kini telah diubah menjadi dokter perawatan primer atau penyedia perawatan primer.

Dokter ini adalah seorang generalis yang dapat menangani sebagian besar masalah medis. Jika Anda memiliki masalah yang lebih rumit, dokter perawatan primer Anda akan merujuk Anda ke spesialis. Anda mengunjunginya setiap tahun untuk pemeriksaan fisik dan perawatan kesehatan preventif. Tidak hanya itu, dokter ini juga menawarkan saran pengurangan risiko.

Praktisi keluarga, internis, dokter anak, dokter geriatri, dan dokter kandungan adalah jenis dokter perawatan primer yang paling umum. Dokter yang bekerja di bidang ini paling tidak adalah dokter umum atau dokter umum. Seorang dokter dengan pendidikan kedokteran selesai dan residensi selama tiga (tiga) tahun di bidang tersebut di atas, atau setidaknya dalam kedokteran umum, diperlukan.

 

Spesialis kedokteran

Sedangkan dokter spesialis adalah praktisi medis yang ahli dalam bidang tertentu. Mereka yang bekerja sebagai dokter ahli telah menyelesaikan 4 (empat) tahun pendidikan kedokteran, diikuti dengan pelatihan residensi dalam spesialisasi pilihan, yang biasanya berlangsung 3 sampai 7 tahun.

Berikut ini adalah beberapa ahli atau spesialisasi yang umum ditemukan di Indonesia:

Dermatologist atau dokter kulit, bagi Anda yang memiliki masalah kulit, rambut, bekas jerawat, alergi kulit, bekas luka, atau masalah kesehatan kulit lainnya.

Ahli endokrin atau endokrinologi, untuk masalah hormon dan metabolisme tubuh. Diabetes, gangguan kalsium, dan masalah tiroid semuanya ditangani oleh spesialis ini.

Ahli imunologi atau ahli alergi yang mengkhususkan diri dalam pengobatan gangguan sistem kekebalan tubuh seperti asma, eksim, alergi, dan masalah autoimun.

 

Rumah Sakit Lampung terlengkap dan terkemuka di Lampung adalah Rumah Sakit Budi Medika, di mana Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan dengan Dokter Spesialis Lampung terbaik.

 

 

 

 

By roket