Memiliki smartphone baru tentu rasanya menyenangkan. Akan tetapi, untuk memindahkan data dari HP lama ke HP baru adalah proses yang menyebalkan. Jika dari Android ke Android, atau iPhone ke iPhone; artinya memindahkan ke sistem operasi yang sama, tentu nggak butuh waktu lama.


Lain soal, kalo memindahkan antar sistem operasi yang berbeda, kamu tentu membutuhkan cara mengirim aplikasi dari Android ke iPhone. Nggak cuma butuh waktu lama aja, pun juga aplikasi pihak ketiga serta upaya ekstra agar semua data bisa dipindahkan tanpa ada yang tertinggal.
Cara Kirim Aplikasi dari Android ke iPhone

Beberapa tahun lalu, kamu bakal merasa kesulitan untuk memindahkan data dari Android ke iPhone. Dan berkat perkembangan teknologi, hal ini sekarang bisa dilakukan dengan mudah. Maka, kalo kamu baru beli iPhone baru, coba deh salah satu dari ragam cara mengirim aplikasi dari Android ke iPhone di bawah ini. Langsung scrolling aja, ya.

Cara Mengirim Aplikasi Android ke iPhone dengan Email

Mengirimkan data menggunakan email tetap saja jadi langkah termudah untuk berbagi data dengan perangkat lain. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bakal menghalangimu untuk menjalankan langkah ini.

Wajib catat, beberapa hal tersebut yakni kamu nggak tahu alamat email tujuan, perangkatmu nggak memiliki koneksi internet, atau kamu sedang mengirimkan data ke perangkat lain. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan tersebut, semoga kamu bisa dengan mudah mengkirim aplikasi lewat bluetooth dari Android ke iPhone, ya.

Cara Mengirim Aplikasi dari Android ke iOs dengan Aplikasi Lain

Terdapat banyak aplikasi lintas platform yang bakal memudahkanmu untuk mengirim aplikasi dari Android ke iOS. Kamu bisa lho menggunakan salah satu aplikasi pemindah file di bawah ini.
SHAREit

Barangkali ini bukan kali pertama kamu mendengar aplikasi ini. Ya, di Indonesia sendiri SHAREit sukses mendapat kepercayaan banyak pengguna Android. Selain karena kamu bisa memindahkan data dengan mudah, kamu juga bisa menggunakannya untuk memindahkan data dari Android ke iOS.

Yang pasti, selama perangkat yang lama dan baru terhubung dalam satu koneksi Wi-Fi yang sama, kamu tentu bisa menjalankan langkah ini. Langkah pengoperasiannya pun sederhana,cukup buka SHAREit, pilih aplikasi yang ingin kamu bagikan, lalu pairing dengan perangkat yang ingin kamu kirimi file.
Instashare

Aplikasi lain yang bisa menjadi solusi buat kamu yang pengin mengirim file dari Android ke iPhone. Sama seperti SHAREit, kamu bisa menggunakan Instashare untuk membagikan semua jenis file ke semua perangkat yang terhubung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama.

Kelebihan lainnya, aplikasi ini bisa kamu pakai di perangkat dengan OS Android maupun iOS. Oleh karena itu, Instashare bisa jadi jawaban yang tepat kalo kamu sedang cari cara mudah kirim aplikasi dari Android ke iPhone.
Zapya

Aplikasi ketiga yang bisa kamu pakai untuk mengirimkan aplikasi dari Android ke iPhone yakni Zapya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mentransfer berbagai jenis file dari Android, iPhone serta perangkat lain seperti PC atau laptop.

Keuntungan menggunakan Zapya yakni kamu nggak perlu tersambung pada satu jaringan Wi-Fi yang sama untuk berbagi file. Pun juga nggak menggunakan data seluler. Apalagi masih ada banyak fitur-fitur tambahan lainnya yang bakal memudahkanmu; seperti bikin kode QR untuk mempersonalisasi pengaturan, mencari dan menonton video pendek, mereplikasi isi telepon, serta fitur chatting secara offline.

Menggunakan layanan Cloud atau Komputasi Awan

Apple sudah lama merilis iCloud Drive, yang mana tentunya membuat layanan berbagi data jadi lebih mudah dilakukan. Namun, untuk langkah yang lebih sederhana dan mudah, apalagi untuk memindahkan file data dari Android ke iPhone, kamu bisa menggunakan layanan lainnya.

Layanan lain yang juga bisa kamu pakai dan lebih mudah digunakan yakni Dropbox, OneDrive, Google Drive, atau Box. Cara pengoperasian layanan Cloud atau komputasi awan di atas mudah, kok. Cukup buat akun di masing-masing platform penyedia layanan Cloud di atas, lalu kamu bisa mengunggah file ke penyimpanan awan.

Jika semua file yang ingin kamu bagikan sudah diunggah, tinggal unduh aja lewat iPhone baru yang kamu miliki. Mudah, kan?
Memindahkan aplikasi dari Android ke iPhone dengan fitur Move to iOS app

Seperti keterangan yang bisa kita baca dari website resmi Apple, semua hal tentang iPhone dibuat dan didesain dengan tujuan untuk memberi kemudahan. Termasuk juga jika kamu ingin beralih platform; misal dari Android ke iPhone.

Hanya dalam beberapa langkah aja, kamu bisa memindahkan semua konten dari Android secara otomatis dan aman ke smartphone iPhone. Cukup unduh lalu gunakan layanan dari aplikasi bikinan Apple yang memang didesain khusus untuk pindah platform: Move to iOS.

Pertama-tama, unduh terlebih dulu aplikasi Move to iOSdi perangkat Android milikmu. Setelah itu, pilih berbagai jenis data yang ingin kirim cv lewat email kamu pindahkan. Saat kamu mengaktifkan fitur pindahkan data, nantinya iPhone milikmu akan membuat sambungan pribadi. Kemudian, sambungkan perangkat Android milikmu ke koneksi pribadi tersebut dengan memasukkan kode keamanan. Jika sudah, maka proses transfer file pun akan otomatis berjalan.

Nah, itulah berbagai cara mengirim aplikasi dari Android ke iPhone. So, nggak perlu lagi kesulitan kalo nanti kamu ingin ganti sistem operasi dari perangkat.

By roket