Mesin di atas kapal memerlukan perawatan dan pemeliharaan rutin sehingga kehidupan dan efisiensi kerjanya mampu ditingkatkan, dan ongkos operasi, yang mencakup rusaknya dan suku cadang yang tidak perlu, mampu dikurangi. Untuk berbagai tipe mesin dan sistem, berbagai alat ukur, instrumen, dan pengukur digunakan di kapal.

Instrumen pengukur dan pengukur digunakan untuk mengukur berbagai parameter layaknya jarak bebas, diameter, kedalaman, oval tas, kebenaran, dll. Ini adalah parameter rekayasa kritis, yang menggambarkan situasi mesin yang berfungsi. Alat pengukur mekanik kondang dan alat yang digunakan di kapal adalah:

Penguasa dan sisik, Mereka digunakan untuk mengukur panjang dan parameter geometris lainnya. Alat ini adalah keliru satu alat ukur paling kondang di bidang teknik mesin. Mereka mampu berupa pelat baja tunggal atau alat tipe pita fleksibel. Mereka biasanya ada didalam skala ukuran inci atau cm.

Mereka digunakan untuk pengukuran cepat bagian-bagian dan selalu disimpan bersama dengan alat ukur atau alat ukur lain di bengkel untuk akses praktis. Penggaris dan timbangan tidak digunakan di mana pengukuran yang pas diperlukan. Itu terbuat dari stainless steel yang tahan lama dan tidak dapat berkarat atau mengundang korosi.

Mereka biasanya dari dua tipe – kelipar didalam dan luar. Mereka digunakan untuk mengukur ukuran internal dan eksternal (mis. Diameter) suatu objek. Kalibrasi Adalah skala yang dibutuhkaneksternal untuk membandingkan nilai yang diukur. Alat ini digunakan terhadap permukaan di mana skala penggaris lurus tidak mampu digunakan. Setelah mengukur tubuh / bagian, pembukaan mulut kelipar disimpan terhadap penggaris untuk mengukur panjang atau diameter.

Beberapa kelipar terintegrasi bersama dengan skala pengukuran; oleh karena itu tidak harus instrumen pengukuran lain untuk memeriksa panjang yang diukur. Jenis lainnya adalah kaki aneh dan caliper pembagi.

Venire Caliper

Itu dihitung didalam daftar alat ukur kualitas, yang digunakan untuk mengukur parameter kecil bersama dengan akurasi tinggi. Ia punya dua rahang tidak sama untuk mengukur dimensi luar dan didalam suatu objek. Ini mampu berupa skala, panggil atau tipe digital Venire caliper. Venire caliper adalah keliru satu alat ukur mekanik yang paling banyak digunakan di kapal. Hitungan terkecil dari kelipar venire adalah perbedaan pada nilai-nilai divisi skala utama dan satu divisi skala venire.

Mikrometer

Ini adalah alat presisi yang terlampau baik yang digunakan untuk mengukur parameter kecil dan jauh lebih akurat daripada kelipar venire. Ukuran mikrometer mampu beragam dari kecil sampai besar. Caliper micrometer besar digunakan untuk mengukur besar diameter luar atau jarak. Misalnya. Mikrometer besar digunakan sebagai alat ukur mekanis tertentu untuk mesin utama untuk merekam diameter luar batang piston.

Mereka ada didalam dua tipe – mikrometer didalam (untuk mengukur diameter dalam) dan mikrometer luar (untuk mengukur diameter luar). Hitungan terkecil dari mikrometer adalah 0,01 mm atau 0,001 cm. Teleskopik Feeler Gauge, Mirip bersama dengan kegunaan pengukur perasaan, pengukur tipe ini terhitung dikenal sebagai pengukur lidah, dan terdiri dari pengukur pengukur panjang di didalam penutup bersama dengan lidah atau ujung melengkung.

Strip feeler panjang menonjol nampak dari penutup layaknya teleskop sehingga mampu dimasukkan ke tempat-tempat terpencil di mana akses pengukur feeler tidak dimungkinkan. Misalnya. Ini digunakan untuk mengukur jarak bantalan cangkang atas. Sangat mutlak bahwa setelah pemanfaatan pengukur teleskop, strip harus dibersihkan dan ditarik kembali ke perumahannya, jika tidak mampu mengakibatkan kerusakan strip feeler.

 

Pengukur Poker

Poker gauge adalah keliru satu alat unik di pada berbagai tipe alat ukur yang ada didalam wujud mekanik atau digital di kapal. Ini hanya digunakan untuk satu tujuan; Untuk mengukur propeller clearance poros buritan, terhitung dikenal sebagai propeller aus. Ini adalah tipe alat pengukur kedalaman, yang bacaannya tunjukkan keausan poros buritan. Titik akses atau pelat tertentu dihidangkan yang mampu terbuka, dibuat, diamankan atau dilas, bergantung terhadap desain kapal.

Pengukur Poker dimasukkan ke didalam titik akses ini untuk mengukur penurunan baling-baling. Pengukur poker adalah instrumen tertentu yang disimpan oleh chief engineer, dan pembacaan biasanya diambil setiap dok kering. Desain pengukur poker mampu beragam karena setiap kapal punya pengukur poker tertentu yang ada selama penyerahan dari galangan kapal. Sambil menyita bacaan poros untuk diputar, sehingga baling-baling bos cocok bersama dengan isyarat poros.

By Drajad