November 27, 2020

Natudelia

Berita Hangat

Cek Fakta Latte Art Yang Unik Di Bawah Ini

2 min read
Cek Fakta Latte Art Yang Unik Di Bawah Ini

Kopi hias adalah menu barista yang saat ini populer di dunia. Hampir di kebanyakan kafe menyediakan menu kopi dengan hiasan atau ornamen yang indah. Seni pembuatannya populer dengan istilah latte art. Latte dalam pembuatannya adalah kombinasi antara susu dan espresso. Pemanasan susu dilakukan dengan uap air lalu di masukkan ke dalam milk jug untuk dikocok. Setelah itu barulah dituangkan di atas secangkir kopi.

Dalam kepopuleranan pembuatan kopi hias ini ada banyak fakta unik. Apa sajakah itu? Simak informasi di bawah ini.

Ada Kompetisi Pembuatan Latte Art

Tidak hanya toko barista saja yang membuat kreasi hias kopi ini. Bahkan saking populernya sampai diadakan lomba misalnya Barista Championship. Oleh karena itu, banyak sekali barista yang melatih pembuat kopi dengan keahlian ini. Lalu mereka pun juga mengikuti ajang latte Art Championship untuk diambil yang terbaik. Dengan demikian, mereka benar-benar terlatih dalam pembuatan kopi latte.

Alat Khusus Yang Dipakai Dalam Latte Art

Dalam pembuatan kopi latte tidak sembarangan menggunakan teko untuk menyajikannya. Namun memerlukan milk jug yakni sebuah teko khusus yang dengannya para barista menggunakannya untuk menerapkan desain yang sangat menarik. Pembuatannya saja tidak sembarangan sehingga pantas sekali kopi latte ini menjadi sajian yang khas dan unik.

Penemu Latte Art

Siapakah penemu kopi latte? Kemungkinan Anda akan bertanya-tanya, jadi dia adalah seorang barista asal Amerika Serikat yang bernama David Schomer. Ia adalah seorang pemilik toko kopi Espresso Vivace. Ia menemukan kopi latte ini pada sekitar tahun 1980-an. Akan tetapi seorang barista lain asal Italia mengaku sebagai penemu pertama kali kopi latte ini. Pengakuannya dipatahkan oleh artikel yang bertajuk Coffe Talk.

Latte Art Dianggap Bagian Dari Ilmu Sains

Anggapan ini didasarkan adanya teori denaturasi dalam ilmu kimia. Kopi latte sendiri dibuat dengan microfoam yang berasal dari pemanasan susu dengan frother atau steamer sehingga karakter asli susu cair akan berubah. Secara kimia, susu tersusun dari protein, gula, dan lemak. Pada waktu susu diuapkan lemak akan terurai sehingga gula akan terpecah lebih sederhana. Akibatnya susu akan lebih terasa manis. Susu inilah yang diatas disebut sebagai microfoam menjadi medium yang dibentuk dan dihias sesuai desain barista.

Hadirnya kopi latte membuat inovasi Nestle menghadirkan NESCAFE Dolce Gusto dan jenis kapsul kopi Latte Macchiato. Produk ini akan memanjakan Anda dengan kreasi lapisan susu bersama dengan kopi dan buih yang menggoda selera. Untuk menyajikan pun cukup dalam waktu sekitar 1 menit dengan menekan tombol saja. Dengan demikian kopi ala-ala kafe sudah bisa dinikmati di rumah.

Demikian mengenai fakta-fakta latte art yang mungkin beberapa belum Anda ketahui. Selamat mencoba, selamat berkreasi mengeskpresikan diri.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.