Saat ini, usaha franchise atau waralaba di Indonesia kian banyak dan mudah ditemui di kota kecil. Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk mempunyai usaha waralaba tidak terlalu banyak dan jika ditekuni akan kembali modal dalam waktu cepat. 

Pengertian franchise adalah hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HKI).

Atau, pertemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa. 

Kita bahas tentang bisnis waralaba ini, yuk, KawanKAWN? Terutama tentang franchise makanan terlaris kekinian yang bisa kamu pilih dan mulai siapkan modalnya, nih!

Sekilas tentang Franchise

Merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Asosiasi Franchise Indonesia juga menjelaskan definisi waralaba yaitu suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan dengan franchisor yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain untuk melaksanakan bisnis dengan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Franchise adalah tipe bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda tetapi memiliki nama brand yang sama. Wujud brand-nya terlihat sangat besar dan tersebar di mana-mana (biasanya bahkan secara internasional).

Dalam bahasa Indonesia, franchise diartikan dengan istilah waralaba. Franchise di Indonesia cukup banyak jenis dan bidang usahanya. Paling sering kita lihat adalah franchise makanan.

Bisnis waralaba makanan dipercaya menjadi salah satu bisnis paling diincar karena tidak terlalu terkena imbas krisis. Alasan paling masuk akal adalah semua orang butuh makanan dan otomatis akan dicari konsumen.

Tantangannya adalah mengemas bisnis makanan tersebut dan layak dijual. Tentu saja, faktor paling menentukan adalah rasa dan ciri khas makanan yang hendak dijual dengan sistem franchise tersebut. 

Keuntungan Berbisnis Franchise Makanan

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan memiliki modal cukup, franchise makanan memberikan banyak keuntungan jika dibandingkan memulai usaha mandiri dari nol.  Jika kamu tertarik, simak beberapa keuntungan berbisnis franchise makanan berikut ini. Semoga bisa membantu memantapkan keputusan untuk memulai bisnis makanan sendiri.

1. Sudah memiliki sistem yang terbukti berjalan baik

Satu kelebihan utama bisnis franchise makanan terlaris adalah bisnis tersebut biasanya sudah mempunyai sistem yang berjalan dengan baik dan menghasilkan profit.  Kamu tak perlu menyusun sistem bisnis baru dari nol dan malah berisiko rugi saat mencobanya.

2. Didukung jaminan nama besar produk

Keuntungan lain memiliki bisnis franchise makanan terlaris adalah adanya jaminan nama besar franchise tersebut yang sudah dikenal dan disukai banyak orang.  Kamu tak perlu lagi membangun brand karena sudah banyak yang tahu. Lebih mudah bagi konsumen mencari usahamu itu. 

3. Risiko kegagalan usaha relatif kecil

Adanya sistem yang baik dan dukungan jaminan nama besar produk membuat kamu berpotensi risiko kegagalan usaha relatif kecil.  Berhubung semua sudah berjalan baik, hanya tinggal kerja keras dan ketekunan yang menentukan sukses bisnismu.

4. Kemudahan lebih jauh dalam pendanaan atau modal

Saat ingin mengembangkan usaha dengan meminjam modal dari bank, kepercayaan bank adalah faktor terpenting. Nah, dengan memiliki franchise, bank lebih percaya karena usaha kamu dibina dan diawasi langsung oleh brand. 

Tips Memulai Usaha Franchise Makanan

Untuk memulai bisnis franchise makanan, kamu tidak hanya perlu mengetahui apa saja daftar bisnis franchise yang menguntungkan. Kamu juga perlu mengetahui apa saja tips memulai usaha franchise yang menguntungkan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Teliti dalam Memilih Jenis Franchise

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menentukan bisnis franchise adalah memilih jenis franchise dengan teliti. Sebab, banyak sekali penipuan-penipuan dengan kedok franchise.

Pastikan terlebih dahulu bahwa jenis dan produk franchise yang akan kamu jalani sudah terpercaya. Kamu bisa mengetahuinya dengan mencari informasi melalui internet atau pun ke orang terdekat kamu.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui bisnis franchise mana saja yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

2. Sesuaikan dengan Passion

Dalam memulai bisnis franchise terutama makanan, kamu memiliki kebebasan memilih merek franchise apa saja yang ingin dijalankan. Tetapi, alangkah lebih baik jika kamu memilih jenis franchise yang sesuai dengan passion dan keahlianmu. Apalagi jika kamu senang memasak.

Hal tersebut akan memudahkanmu dalam menjalankan bisnis franchise, karena bisnis tersebut adalah jenis bisnis yang kamu suka dan kuasai. Selain itu, kamu juga kian bersemangat dan tidak mudah menyerah ketika memecahkan suatu masalah.

Untuk itu, ketahui dahulu apa minat dan keahlianmu. Jika kamu mempunyai kemampuan memasak, maka kamu bisa menggeluti bisnis franchise makanan.

3. Pelajari Calon Bisnis Franchise

Tips memulai usaha franchise yang terakhir adalah mempelajari calon bisnis franchise yang akan kamu jalani. Terutama asal usul, detail, sistem pembayaran, dan sistem bisnis produk franchise menjadi hal krusial yang perlu kamu ketahui.

Sebab, setiap perusahaan penyedia franchise makanan tentu memiliki Standard Operational Production (SOP) masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas produknya agar selalu terjaga dengan baik.

Ide Bisnis Franchise Makanan di Bawah Rp10 Juta

1. Bakso Benhil – Franchise Makanan Mulai Rp4 Juta

Jika kamu bergabung menjadi mitra, maka kamu diberikan pelatihan yang menyeluruh. Mulai dari menentukan layout rumah makan, pelayanan, harga, perhitungan keuntungan, hingga strategi promosi. Paket harga untuk bermitra pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari 4 juta saja.

2. Tahu Gila – Franchise Makanan untuk Pemula Mulai Rp 8 Juta

Keunikan franchise makanan tahu ini adalah kemampuannya membuat tahu menjadi makanan yang istimewa di kalangan anak muda. Tahu gila ini sebenarnya adalah tahu yang memiliki balutan tepung dengan beragam pilihan rasa. Harga yang ditawarkan untuk bisnis ini mulai dari Rp8.000.000,-

3. Sabana Fried Chicken – Franchise Makanan Terlaris Murah

Dijamin, tempat usaha kamu tak pernah sepi pembeli, karena ayam goreng tepung termasuk lauk paling dicari konsumen. Apalagi jika kamu membuka usaha di dekat lingkungan kampus.

Harga makanan yang murah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tak heran jika pebisnis waralaba Sabana Fried Chicken dapat mengantongi omzet hingga Rp20.000.000 dalam waktu satu bulan.

4. Kimbab Ina – Franchise Makanan Korea Kekinian

Ini adalah waralaba Korean Street Food, dengan bahan-bahan yang langsung diimpor dari Korea. Kelebihannya terletak pada tampilan dan packaging yang menarik dan belum memiliki kompetitor serupa.

Semua menu yang ditawarkan dari waralaba ini menggunakan bahan berkualitas dan diracik langsung oleh koki handal dalam masakan Korea.

Kesimpulan

Selain modal yang tergolong lebih murah dibandingkan bisnis pribadi, bisnis franchise makanan juga memungkinkan perkembangan usaha yang lebih cepat karena nama dan model usaha yang telah dikenal masyarakat.

Kamu juga dapat belajar banyak mengenai bagaimana cara berbisnis yang baik dengan bisnis waralaba sebelum memulai bisnis pribadi. Tertarik memilih franchise makanan yang mana, nih? Disamping memilih franchise yang tepat, jangan lupa juga untuk melengkapi bisnis kamu dengan aplikasi Point of Sale (POS) untuk membantu proses pencatatan transaksi lebih mudah. Salah satu aplikasi POS yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis F&B adalah KAWN. 

KAWN merupakan produk dari PT Technomedia Multi Sejahtera, sebuah perusahaan teknologi dengan fokus pada pengembangan produk digital. PT Technomedia Multi Sejahtera berada dibawah naungan PT. Indosterling Technomedia Tbk, sebuah grup korporasi yang sudah dikenal di lingkungan industri finansial dan pasar modal.

KAWN POS cocok digunakan untuk usaha resto, warung dan cafe karena dibuat sebagai pendamping bisnis F&B menggunakan teknologi hybrid cloud system. Sehingga mudah digunakan dimana saja dan kapan saja, selain itu dapat digunakan pada perangkat apapun baik itu tablet laptop maupun PC. 

Segera tingkatkan bisnis F&B kamu Bersama KAWN dengan Klik disini. Selamat berwirausaha!