Untuk orang Indonesia, diare adalah penyakit yang biasa saja dan bahkan dianggap sebagai penyakit yang remeh dan akan mudah sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi hal tersebut memang tidak bisa disalahkan. Memang benar faktanya bahwa diare bisa dan akan sembuh dengan sendirinya.

Namun jangan salah sangka dulu, apabila diare yang diderita masuk dalam salah satu kategori diare yang kronis maka harus benar- benar mendapatkan perhatian yang lebih karena jika sampai telah dalam memberikan penanganan maka akibatnya juga akan sangat fatal.

Penyebab penyakit diare yang paling umum terjadi salah satunya adalah karena infeksi bakteri dan virus yang kemudian membuat saluran pencernaan terganggu karena mengalami infeksi. Untuk orang yang sedang mengalami masalah diare biasanya untuk gejala yang diderita juga akan berbeda satu sama lain. Ada orang yang mengalami diare hanya ditandai dengan feses yang encer dan perut yang sakit. Namun terkadang ada orang yang punya gejala lebih kompleks seperti tidak hanya fesesnya saja yang encer namun juga kadang ada rasa mual dan badan panas serta menggigil.

Tetapi yang paling benar dan sangat penting untuk dipahami ternyata diare tidak hanya karena masalah dan bakteri saja yang menyerang sistem organ pencernaan kita. Ternyata selain itu juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, terlalu banyak makanan pedas dan berminyak juga merupakan salah satu alasan yang cukup kuat kenapa orang bisa terserang diare.

Karena diare jika sudah akut akan sangat berbahaya bagi tubuh dan bahkan terkadang juga bisa menyebabkan kematian, untuk itu berikut adalah cara mengatasi masalah diare yang ada pada situs Diarepedia:

1. Rajin cuci tangan

Salah satu bentuk tindakan pencegahan yang efektif untuk mencegah diare adalah dengan rajin cuci tangan yang benar dan memakai sabun. Untuk cuci tangan juga harus dilakukan pada air yang bersih dan mengalir. Jangan lupa setiap habis melakukan kegiatan dan sebelum menyentuh makanan dan minuman harus cuci tangan terlebih dahulu karena ditakutkan nanti kuman dan bakteri yang menyebabkan diare menempel pada tangan.

2. Menjaga pola makan

Selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan. Sudah dijelaskan di atas ternyata pola makan yang tidak teratur juga merupakan salah satu penyebab dan alasan yang cukup kuat kenapa orang bisa terserang diare. Dengan pola makan yang teratur ditambah dengan makanan yang bergizi dan kaya vitamin serta nutrisi belum lagi banyak konsumsi air putih maka akan membuat tubuh terhindar dari diare dan masalah saluran pencernaan yang lain.

3. Makan sehat

Ada banyak orang yang punya pikiran dan pendapat bahwa makanan sehat rasanya tidak seenak makanan tidak sehat. Dan hal ini ternyata memang benar adanya. Biasanya makanan sehat akan cenderung punya rasa yang hambar dan bahkan tidak ada rasanya sama sekali. dan hal ini akan berbeda dengan makanan tidak sehat yang jelas rasanya lebih lengkap. Akan tetapi yang menjadi salah satu cara untuk mencegah diare adalah dengan konsumsi makanan sehat, hindari makanan pedas dan berlemak dan perbanyak makan buah dan sayuran serta konsumsi air putih.

Dan itulah beberapa penyebab penyakit diare pada situs Diarepedia dan bagaimana cara mengatasinya seperti yang sudah dijelaskan di atas mulai sekarang bisa Kamu terapkan pada diri Kamu. apalagi sekarang sudah masuk dalam musim penghujan maka segala macam penyakit akan bermunculan salah satunya diare dan DB. Untuk itu mulai sekarang jaga kebersihan diri dan lingkungan supaya tidak mudah sakit.