Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN formal dibuka terhadap 15 Februari hingga 24 Februari 2021. Terdapat sejumlah jurusan dan skill dengan era depan yang cerah hingga 10 th. ke depan.
Jurusan dan skill ini diprediksi bakal sangat diperlukan hingga 10 th. mendatang dengan mengikuti bimbel simak ui s2 s3. Ilmu dan kemampuan ini mampu dipelajari di perguruan tinggi.

 

Berikut jurusan dan skill yang diperlukan 10 th. mendatang.

1. Digital marketing

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu bidang baru yang berkembang pesat di era digital. Perusahaan dinilai sangat perlu orang yang pakar didalam meracik strategi pemasaran digital di web daring maupun tempat sosial.

“Ilmu ini semakin perlu ke depannya, sejalan dengan meledaknya dunia digital. Butuh orang yang mampu me

Skill ini mampu didapatkan terhadap sejumlah jurusan di perguruan tinggi di Indonesia seperti di Universitas Padjadjaran dengan program studi Pemasaran Digital.

Selain dari perguruan tinggi, Yodhia menilai skill ini mampu dipelajari secara otodidak.

“Ini mampu dipelajari secara otodidak, tanpa harus memakai gelar sarjana,” kata Yodhia.

 

2. Jurusan teknologi

Keahlian lain yang juga sangat diperlukan di era depan berkenaan dengan information dan teknologi.

“Dengan ada ledakan big data, perlu orang yang mampu memproses big information seperti di bidang information scientist, machine learning, dan artificial intelligence,” ungkap Yodhia.

Keahlian ini mampu didapatkan di jurusan yang berkenaan dengan teknologi seperti Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.

Selain dari perguruan tinggi, keahlian ini juga mampu didapatkan lewat kursus yang banyak tersedia.

 

3. Kemampuan manajerial

Menurut Yodhia, pas ini perusahaan kekurangan orang-orang yang pakar didalam manajerial.

“Saat ini banyak yang lulusan S1, tapi pemahaman teori dan teknisnya sangat kurang. Perlu orang-orang yang mampu manajemen dengan kemampuan yang dalam,” ujar Yodhia.

Kemampuan manajerial ini sangat diperlukan di berbagai bidang seperti manager HR, keuangan, produksi, dan sebagainya. Kemampuan ini mampu diperoleh lewat jurusan manajemen.

4. Jurusan keuangan

Jurusan keuangan juga tetap diperlukan hingga 10 th. ke depan. Pasalnya, sektor finansial seperti bank merupakan penopang ekonomi Indonesia dengan pertumbuhan yang paling baik dibandingkan sektor lain.

“Perusahaan yang paling untungkan di Indonesia adalah bank, jadi kebutuhannya finansial dan perbankan tetap tinggi,” tutur Yodhia.

Keahlian didalam bidang keuangan mampu didapatkan lewat jurusan Akuntansi dan Ilmu Ekonomi.

 

5. Jurusan kesehatan

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi juga sebabkan jurusan kesehatan juga bakal tetap diperlukan mulai dari dokter, perawat, dan pakar gizi.

“Ini sangat mendesak karena persoalan di Indonesia kekurangan dokter dan perawat. Juga diperlukan orang yang mampu mengembangkan health tech,” ujar Yodhia.

Keahlian di bidang kesehatan ini mampu ditempuh dengan mengambil jurusan kedokteran, keperawatan, dan pengetahuan gizi.

 

By toha