Pada era saat ini, telah banyak kumpulan lowongan kerja yang dapat Anda temukan pada media digital. Ada berbagai macam kualifikasi dan jenis pekerjaan yang mungkin Anda minati.

Begini Cara Membuat Lamaran Kerja Melalui Email yang benar

Lamaran kerja yang benar dan menarik kemungkinan dapat memengaruhi potensi ketertarikan dari perusahaan. Jika Anda ingin membuat lamaran kerja lewat email, maka beginilah cara yang benar.

1. Gunakan alamat email yang sesuai dengan nama

Penggunaan alamat email yang sesuai dengan nama asli akan terkesan lebih formal dan menjadi pertimbangan tersendiri bagi seorang HRD atau recruiter.

Selain itu, hindari untuk membuat nama email yang terkesan kurang formal atau sukar untuk dibaca. Misalnya seperti [email protected]

2. Perhatikan Ukuran File yang Anda Kirimkan

Pastikan untuk mengirim file dengan ukuran maksimal 1 MB, karena hal ini akan membuat HRD lebih mudah untuk mengunduh.

Bukan hanya itu, pengiriman file yang berukuran lebih dari 1 MB akan membuat HRD malas untuk membukanya karena dianggap menyita banyak waktu.

3. Gunakan Bahasa yang Formal

Penggunaan kalimat yang formal dalam lamaran kerja akan membuat Anda tampak lebig profesional di mata HRD. Pastikan Anda mencantumkan bahasa yang sopan dan perhatikan kata typo sebelum mengirimkan email.

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang sangat fatal, seperti kesalahan dalam menulis tanda baca atau kesalahan dalam penyebutan nama perusahaan dan HRD.

4. Cantumkan Subjek yang Jelas

Subjek merupakan kepala email yang pertama kali nampak oleh HRD, oleh karena itu pastikan Anda menulisnya dengan jelas.

Terkadang beberapa perusahaan telah menentukan subjek email yang harus digunakan untuk menghindari kerumitan dalam proses rekruitmen namun jika tidak, Anda harus membuatnya lebih jelas dan tidak bertele-tele.

5. Cantumkan Salam, Pembuka, Isi, dan Penutup

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memperhatikan body email yang Anda kirimkan. Buatlah tampilan yang lengkap dengan salam, pembuka, isi dan penutup agar tampak formal.

Anda boleh mencantumkan perkenalan diri secara singkat, jelaskan maksud dan tujuan, kemudian jangan lupa juga untuk mengucapkan terimakasih dan salam penutup kepada HRD.

Itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengirimkan lamaran kerja melalui email. Selalu pantau kumpulan berita dan informasi di media sosial agar tidak ketinggalan mengenai perkembangan lapangan kerja.

By arief