Biaya Pembuatan Aplikasi

Perkembangan teknologi dan kemudahan berkomunikasi saat ini semakin membantu kehidupan masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya aplikasi untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Banyak aplikasi yang dibuat memang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sheari-hari seperti belanja, kuota internet, dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin merintis usaha, membuat aplikasi akan sangat membantu mengembangkan usaha Anda. Aplikasi juga sangat membantu untuk perusahaan Anda yang sudah berdiri dan ingin bisnis Anda dapat menjangkau masyarakat dengan lebih mudah.  Selain itu, perusahaan yang memiliki aplikasi dapat berkembang dengan pesat sekarang ini.

Untuk membuat aplikasi tentunya harus ada alokasi biaya yang dianggarkan. Biayanya memang tidak murah. Dalam dunia aplikasi, harga biasanya berbanding lurus dengan fungsi dan popularitasnya.  Semakin tinggi harganya, maka semakin tinggi pula peluang aplikasi untuk memiliki fungsi yang canggih dan populer di masyarakat.

Besaran biaya bisa dilihat dair kompleksitas fitur aplikasi. Harga yang ditawarkan bisa mulai dari kisaran 100 juta rupiah hingga lebih dari 300 juta rupiah.

Untuk apa saja biaya tersebut? Mari lihat contoh rincian pembuatan aplikasi berikut ini.

Contoh Rincian Rata-Rata Pembuatan Aplikasi

Terlepas dari banyaknya macam aplikasi yang bisa dibuat, ada rincian umum yang akan selalu ada ketika membuat aplikasi. Ada tiga kategori yang harus dihitung, Resouces atau sumber daya, Tools atau teknologi, dan Management Fee (biaya jasa) untuk proses pembuatan aplikasi selama dua bulan.

  1. Sumber daya : kisaran 30 juta rupiah hingga 35 juta per bulan. 70 juta untuk dua bulan.

Keseluruhan biaya ini mencakup biaya personil atau gaji masing-masing 1 untuk UI/UX Design, Android & IOS Developer, Web Programmer, QA/Tester, dan Project Manager. Perhitungan jumlah biaya bisa menggunakan sistem man month dengan formulasi jumlah pekerja x waktu pengerjaan.

  1. Tools : kisaran 2-3 juta.

Rincian biaya ini untuk keperluan VPS, Googleplay, dan Appstore.

  1. Management Fee : biaya jasa developer biasanya akan dianggarkan sebesar 30% dari keseluruhan rancangan biaya. Kisaran yang aman berada di angka 16-19 juta rupiah. biaya ini bisa termasuk biaya pengembangan dan perawatan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Contoh Rincian Biaya Pembuatan Aplikasi yang wajib banget buat kamu ketahui. Satu lagi, di zaman yang modern ini, saat ini kamu bisa menemukan sebuah Jasa Pembuatan Aplikasi dengan harga yang cukup bersahabat.

Pastikan kamu menyimak tentang rician biaya pembuatan aplikasi yang sudah kami sebutkan diatas yah.